Survei Membuktikan Generasi Muda Masa Kini Lebih Acuh

by
January 3rd, 2013 at 12:03 pm

CiriCara.com – Generasi anak muda zaman sekarang memang diakui lebih melek teknologi daripada generasi orangtua mereka.

Namun, efek dari melek teknologi itu justru malah mengarahkan para kaum muda masa kini lebih acuh, kasar dan cenderung tidak sopan.

Alamy/Daily Mail

Penelitian terkini membuktikan bahwa generasi muda sekarang ini dengan rentang usia 18 hingga 34 tahun, hanya sedikit yang mau menyapa tetangganya atau membukakan pintu bagi orang yang lebih tua saat berkunjung ke rumah.

Hal ini berbanding jauh dengan jumlah orang yang berusia di atas 55 tahun. Mereka jauh lebih ramah dibandingkan generasi muda sekarang ini.

Hasil yang cukup signifikan ditunjukkan dari hasil survei sebuah situs yang bernama Ratedpeople.com. Dari hasil tersebut terbukti bahwa 35% anak muda mengabaikan tetangga mereka, sedangkan hanya 15% orang yang berusia di atas 55 tahun, mengabaikan tetangga mereka.

18% anak muda enggan untuk membukakan pintu rumah mereka bagi wanita ataupun orang yang lebih tua. Selain itu, 17% anak muda tidak mau memberikan tempat duduk di angkutan umum khususnya bagi ibu hamil, dan hanya 12% yang mau menawarkan tempat duduk bagi orang lansia.

Sedangkan, hasil survei pada generasi yang lebih tua menunjukkan 83% orang tua sering membuatkan secangkir teh bagi tukang yang bekerja di rumah mereka.

Selain itu, kebiasaan memberikan tip pada pengantar susu (milkman), penata rambut, dan sebagainya, juga sudah mulai berkurang di kalangan anak-anak muda zaman sekarang.

41% anak muda tidak memberikan tip kepada pengantar susu, 36% lainnya tidak memberikan tip pada pengantar surat, dan kurang dari 30% anak muda yang mau memberikan tip pada penata rambut mereka.

Berikut adalah hasil survei tentang kebiasaan memberi tip yang dilansir dari Dailymail.co.uk

Daily Mail

Melihat dari hasil survei tersebut, seorang psikiater, Dr. Clive Sherlock mengatakan perubahan tingkah laku dan kebiasaan ini menjadi bukti bahwa lingkungan sosial di zaman sekarang ini semakin egois dengan tidak mempedulikan orang lain serta lingkungan sekitar mereka.

Dr. Clive juga mengatakan bahwa sekarang ini orang lebih memusingkan kepentingan pribadinya dan kurang berniat memperhatikan kepentingan orang lain juga.

Komunitas manusia di masa sekarang ini lebih cenderung memikirkan cara untuk mendapatkan harta bagi diri sendiri dibandingkan memperhatikan tetangga yang tinggal di sebelah rumah mereka.

Mungkin saja, rasa enggan bersosialisasi seperti membukakan pintu rumah bagi tamu atau bertegur sapa dengan orang di jalan, diakibatkan tingkat kejahatan yang sangat tinggi di zaman ini.

Dan generasi muda yang lebih melek teknologi dan modern, telah belajar dari pengalaman bagaimana kejahatan mewabah di seluruh belahan dunia, sehingga mereka memilih untuk menghindari atau meminimalisir interaksi dengan orang lain.

Apa pendapatmu sebagai generasi muda masa kini? (yk)

Daily Mail

Comment di sini