5 Gejala Diabetes Pada Wanita

by
January 4th, 2013 at 1:45 pm

CiriCara.com – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Salah satu penyakit ini adalah yang paling ditakuti oleh sebagian besar orang karena menyerangnya secara diam-diam. Orang yang mengalami penyakit ini tidak mengetahui bahwa ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuhnya.

Meskipun diabetes bisa menyerang siapa saja, namun terdapat beberapa perbedaan gejala diabetes pada pria dan wanita. Pria dan wanita memiliki tipe tubuh yang berbeda sehingga gejala yang dialami itu berbeda. Gejala yang dialami wanita biasanya tak jarang diketahui dan dianggap berbahaya.

Agar tak Anda tak mengira-ngira apakah terkena diabetes atau tidak, sebaiknya simak paparan mengenai gejala diabetes pada wanita. Dilansir Healthmeup.com, inilah 6 gejala diabetes pada wanita:

1. Infeksi vagina

Infeksi vagina yang bisa terjadi pada wanita yaitu keluarnya cairan putih yang berbau tidak enak, vagina berwarna merah, cairan yang keluar berwarna abu-abu kehijauan, serta vagina terasa gatal, nyeri, atau panas. Jika hal itu terjadi pada Anda, maka merupakan indikasi adanya infeksi vagina. 

2. Infeksi jamur

Candida albicans adalah jenis jamur yang menyebabkan gangguan kulit bagi penderita diabetes. Wanita cenderung terinfeksi di vagina. Jamur ini menyebabkan gatal, kemerahan bisul, dan ketak. Infeksi jamur yang paling umum adalah kadas, kurap, dan kutu air.

3. Depresi

Depresi atau stres juga bisa memicu munculnya penyakit diabetes. Tingkat depresi yang tinggi akan mempengaruhi kadar gula darah dan metabolisme insulin. Jika Anda sering mengalami depresi atau stres, maka risiko terkena diabetes juga akan semakin besar.

4. Mengalami gangguan hormonal

Gangguan hormonal atau polycystic ovarian syndrom biasanya terjadi pada masa produktif wanita. Biasanya akan diikuti dengan pertumbuhan kista dalam rahim wanita.

5. Peningkatan kadar HDL kolesterol

HDL kolesterol atau high density lipoprotein cholesterol ini termasuk kolesterol baik yang membantu wanita melindungi dari penyakit jantung. Namun bagi wanita yang mengalami diabetes, kolesterol lipoprotein atau HDL kolesterolnya berkedapatan rendah.

Itulah gejala bagi wanita yang mengalami diabetes. Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut, maka alangkah baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, sang dokter akan mengetahui apakah Anda menderita diabetes atau terkena penyakit lain. (NR)

Comment di sini