8 Hal Pemicu Asma

by
January 4th, 2013 at 4:57 pm

CiriCara.com – Asma merupakan salah satu jenis penyakit gangguan pernapasan, khususnya pada paru-paru. Penderitanya akan mengalami sesak napas yang dikarenakan adanya penyempitan pada saluran pernapasan.

Gangguan pernapasan ini bisa membahayakan jiwa seseorang jika tidak segera ditangani. Lalu, apa saja yang bisa menyebabkan seseorang mengalami Asma? Dilansir Healthmeup.com, inilah 8 hal pemicu asma:

1. Debu

Debu bisa menyebabkan seseorang mengalami alergi atau membuat kulit teriritasi. Selain itu, debu juga bisa membuat seseorang terkena asma. Untuk itu, Anda disarankan menggunakan kain basah saja ketika sedang membersihkan perabotan rumah tangga agar debu tidak berterbangan. Debu yang berterbangan bisa Anda hirup sehingga asma bisa jadi kambuh. Selain itu, Anda juga disarankan unjangan terlalkutuk menggunakan masker saat ke luar rumah.

2. Asap

Selain asap rokok, ternyata asma pun bisa dipicu dari asap kendaraan. Seluruh jenis asap tersebut sebaiknya Anda hindari jika tak ingin Asma yang dialami kambuh kembali.

3. Suhu

Perubahan suhu dari panas ke dingin, maupun sebaliknya merupakan salah satu pemicu asma yang harus diwaspadai. Jaga kondisi tubuh Anda, jangan sampai terlalu panas atau terlalu dingin untuk menghindari serangan asma.

4. Bulu binatang peliharaan

Jika di rumah Anda memelihara binatang yang berbulu, seperti kucing, anjing, atau kelinci, sebaiknya jangan terlalu dekat padanya. Pasalnya, bulu binatang peliharaan ternyata memicu serangan asma. Bila perlu, jangan memelihara binatang berbulu itu di rumah.

5. Parfum

Segala macam parfum beraroma keras, deodoran, pengharum ruangan, dan pembersih apapun bisa memicu serangan asma. Untuk itu, Anda harus mengurangi produk-produk tersebut agar tidak terserang asma.

6. Emosi

Jangan biarkan diri sendiri untuk emosi, merasa ketakutan, maupun stres. Semua hal atau sikap negatif itu mampu memicu asma yang membahayakan kondisi kesehatan Anda. Untuk itu, biasakanlah diri agar bersikap tenang.

7. Serangga

Serangga kotor, seperti kutu, kecoak, dan serangga kotor lainnya juga bisa memicu asma. Agar serangga-serangga itu tak Anda temui, sebaiknya rajin membersihkan rumah. Rumah yang bersih tidak akan dihinggapi binatang-binatang kotor seperti itu yang bisa menyebabkan asma.

8. Demam dan sinus

Jika sakit demam disertai batuk dan sinus, maka Anda bisa terkena asma. Untuk itu, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyakit yang diderita.

Itulah 8 hal yang bisa membuat Anda terkena asma. Jika tak ingin asma kambuh atau tak ingin terkena asma, maka hindari kedelapan hal tersebut. Asma merupakan salah satu penyakit kronis yang paling umum dialami manusia. Jika Anda menderita asma, maka bisa baca cara pengobatannya di sini. (NR)

Comment di sini