CiriCara: Cara Cerdas Memilih Teman Curhat

by

CiriCara.com – Saat sedang dihadapi suatu masalah, entah itu dalam hal karier, percintaan, keluarga ataupun yang lainnya terkadang membuat seseorang ingin bercerita kepada temannya. Beberapa orang butuh teman curhat untuk menceritakan kehidupannya baik suka maupun duka.

Namun, tak banyak orang yang bisa diajak curhat dan mau memberikan solusi untuk temannya itu. Ketika Anda baru saja putus cinta, rasanya ingin sekali bercerita kepada sahabat agar bisa menghibur atau memotivasi. Tapi, sosok yang diajak curhat malah tak peduli dan lebih mementingkan dirinya sendiri.

Jika sudah begitu, maka kamu harus mencari sosok lain yang bisa diajak curhat dan dipercaya. Bagaimana caranya? Inilah cara memilih orang yang tepat untuk diajak curhat:

1. Memiliki kemapuan berkomunikasi

Seseorang yang bisa dipercaya untuk diajak curhat ialah mereka yang memiliki kemampuan komunikasi dengan baik. Anda akan merasa lebih nyaman curhat dengan orang yang cara berkomunikasinya baik, tidak kasar, tidak gagap, mengerti bahasa kita, tidak emosional, dan lain sebagainya. Jika orang itu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, maka akan lebih mengerti permasalahan dan mencarikan jalan keluarnya untuk Anda.

2. Bisa menjaga rahasia

Selain memiliki kemampuan berkomunikasi, orang yang bisa dipercaya untuk diajak curhat ialah orang yang bisa menjaga rahasia. Masalah Anda sebaiknya tidak diketahui oleh banyak orang karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda sehingga bisa menganggap kita sebagai pihak yang salah. Untuk itu, Anda harus memilih orang yang tepat untuk bisa dipercaya agar rahasia yang diceritakan bisa dijaga baik-baik dengannya. Bila perlu, pilih orang yang sudah lama dekat dan mengetahui lebih dalam tentang Anda.

3. Bisa mencarikan solusi

Teman curhat yang baik adalah seseorang yang bisa membantu mencarikan solusi atas permasalahan yang sedang Anda hadapi. Anda boleh-boleh saja mencurahkan perasaan kepada orang yang hanya bisa mendengarkan saja. Namun, alangkah baiknya untuk memilih orang yang lebih pintar untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

4. Peduli dengan masalah orang lain

Carilah teman curhat yang suka memberikan perhatiannya kepada orang lain. Jika orang itu tidak peduli, maka dia hanya membantu seadanya saja dan enggan berpikir keras untuk mencari permasalahan yang sedang Anda hadapi. Selain itu, orang yang peduli dengan masalah orang lain juga akan ikhlas dan senang hati membantu Anda sampai permasalahan itu tuntas.

5. Memiliki banyak waktu luang

Jangan memilih teman curhat yang sangat sibuk karena biasanya mereka tak memiliki banyak waktu, tenaga, pikiran, dan perasaan untuk membantu Anda secara penuh. Untuk itu, Anda harus memilih orang yang memiliki banyak waktu luang agar bisa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara tuntas.

6. Tidak keberatan mendengar keluh kesah

Tidak semua orang senang mendengarkan curhatan orang lain, apalagi mencarikan solusi. Tapi, ada juga orang yang justru mencari orang yang mau curhat dengannya. Alangkah baiknya jika kamu memilih orang senang menerima curhatan. Dengan begitu, di saat Anda sedang berkeluh kesah, mereka siap menemani dan mencarikan solusi. Di samping itu, Anda juga harus siap diberi curhatan olehnya.

7. Baik kepada semua orang

Orang yang tepat untuk Anda jadikan curhat adalah mereka yang dikenal baik dengan semua orang. Jangan curhat kepada orang yang memiliki sikap dan sifat jahat karena bisa saja Anda malah dimanfaatkan olehnya. Anda harus memilih orang yang baik agar bisa membantu tanpa pamrih.

8. Bisa membuat hati tenang

Orang yang bisa membuat hati Anda tenang di saat sedang diajak curhat adalah orang yang tepat untuk diajak curhat. Saat sedang berbicara atau berkeluh kesah padanya, Anda merasa nyaman dan damai. Selain itu, mereka juga memberikan saran yang sangat baik untuk Anda. Jika sudah begitu, maka dia adalah orang yang tepat untuk bisa diajak curhat.

9. Terbuka

Orang yang bisa diajak curhat harus mampu memberi umpan balik, seperti menceritakan pengalaman hidupnya atau curhat balik kepada Anda. Kedua belah pihak harus bisa berinteraksi dengan baik tanpa ada salah satu pihak yang dianggap tertutup. Dengan begitu, kalian akan merasa nyaman.

10. Hubungan jangka panjang

Anda harus curhat dengan orang yang bisa dicurhati dengan mudah dari waktu ke waktu secara berkesinambungan. Kalau baru beberapa kali curhat saja orang itu menghilang, maka masalah Anda akan menggantung dan harus curhat dari awal lagi kepada orang baru. Bukan hanya bertatap muka langsung, tapi curhat juga bisa Anda lakukan melalui komunikasi modern jarak jauh.

Itulah cara memilih orang yang tepat untuk diajak curhat. Jika Anda sudah menemukan orang yang tepat untuk diajak curhat, maka jaga hubungan baik dengannya. Jangan sampai bertengkar dengannya karena semua permasalahan Anda bisa terbongkar. (NR)


comments powered by Disqus