CiriCara: Cara Mudah Mengatasi Iritasi Kulit

by

CiriCara.com – Hampir semua orang pernah mengalami iritasi kulit. Iritasi kulit itu bisa disebabkan karena tidak cocok dengan sabun mandi yang digunakan, udara panas atau dingin, parfum, deterjen atau pelembut pakaian, bahan pemicu alergi, dan lain sebagainya.

Kulit kemerahan, gatal, kering, dan radang merupakan gejala dari iritasi kulit. Gejala lain yang akan dialami jika kulit Anda teriritasi yaitu adanya benjolan, terasa nyeri, sensasi terbakar, dan pecah-pecah. Jika kulit mengalami iritasi, maka membuat Anda merasa tidak nyaman.

Namun, ada cara mudah untuk mengatasinya. Dicuplik dari beberapa sumber, inilah cara mudah mengatasi iritasi kulit:

1. Mengompres dengan air dingin

Cara ini cukup efektif untuk meredakan pembekakan dan rasa sakit akibat iritasi pada kulit. Caranya, Anda bisa merendam kain ke dalam air dingin dan letakkan kain pada kulit yang teriritasi. Cara lain yaitu mengompresnya dengan kantung es yang sebelumnya dilapisi handuk.

2. Sari apel

Sari apel bisa Anda gunakan sebagai salah satu pengobatan rumah untuk iritasi kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan luka cukur. Anda bisa langsung mengatasinya dengan kapas yang sudah diberi sari apel. Setelah itu, Anda bisa langsung tempelkan ke daerah kulit yang teriritasi. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.

3. Mandi oatmeal

Jika iritasi kulit jadi meradang dan terasa gatal-gatal, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara mandi oatmeal. Ambil 2 cangkir oatmeal, lalu giling menjadi bubuk halus dan tambahkan ke dalam air hangat saat mandi. Anda bisa menggunakan cara ini setiap kali mandi sampai iritasi kulit itu tak lagi Anda rasakan.

4. Baking soda

Baking soda merupakan salah satu obat efektif untuk melawan iritasi kulit. Anda bisa membuatnya seperti pasta dengan menambahkan sedikit air. Setelah itu, oleskan pada daerah yang teriritasi.

5. Campuran madu dan kayu manis

Campuran madu dan kayu manis juga bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kulit. Caranya, Anda bisa mencampurkan 3 sendok makan madu dengan 2 sendok makan bubuk kayu manis untuk membuat pasta kental. Setelah itu, letakkan pasta tersebut ke daerah yang teriritasi, kemudian bilas setelah mengering.

6. Campuran madu dan telur

Campuran madu dan telur bisa digunakan sebagai masker wajah untuk meredakan iritasi pada wajah. Anda bisa membiarkan masker itu menempel pada wajah hingga 10 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.

7. Mentimun

Mentimun memang cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan yang ada pada wajah. Bukan hanya itu, ternyata mentimun mampu mengatasi kulit yang teriritasi. Anda bisa langsung meletakkan mentimun ke daerah kulit yang terkena iritasi.

8. Gel lidah buaya

Cara lain yang bisa Anda gunakan yaitu mengoleskan gel lidah buaya ke daerah kulit yang teriritasi. Mengoleskan gel ini bisa mengurangi kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan di rumah. Jika kulit teriritasi, maka jangan langsung pergi ke dokter. Anda bisa mencoba salah satu cara di atas untuk mengatasinya. Selain mudah dilakukan, cara-cara tersebut juga terbukti ampuh. Selamat mencoba. (NR)


comments powered by Disqus