Dicemooh di Barat, Kawat Gigi Malah Populer di Indonesia

by
January 4th, 2013 at 2:53 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kawat gigi dianggap sesuatu yang memalukan jika dipakai di kalangan remaja Barat, namun di negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia, alat perata gigi ini malah menjadi tren.

AFP melaporkan kebanyakan remaja membeli kawat gigi palsu ini untuk bergaya agar mereka terkesan sebagai seorang yang berpunya karena kawat gigi asli harganya bisa mencapai $100 atau sekitar Rp960.000. Pemakaian kawat gigi ini menjadi simbol status sosial di masyarakat.

Menurut laporan, desain yang paling populer di antaranya adalah Hello Kitty dan Mickey Mouse. Namun pemakaian kawat gigi palsu ini ternyata berbahaya terutama bila bukan dipasang oleh dokter gigi.

Vice.com mencatat penggunaan kawat gigi palsu di Thailand telah menyebabkan dua orang meninggal dunia. Insiden tersebut membuat pemerintah Thailand menutup paksa toko yang menjual kawat gigi palsu.

Kini, penjual yang nekat menjajakan kawat gigi palsu yang biasanya berwarna cerah mencolok ini bisa dijatuhi hukuman penjara dan denda di Thailand.


Di Indonesia sendiri kawat gigi palsu atau yang sering disebut behel bisa ditemukan di toko-toko yang menjual aksesori untuk perempuan. Di pinggir-pinggir jalan pun banyak ditemui pedagang behel yang mematok harga rata-rata Rp10.000 per buah.

Vice.com menyebutkan penggunaan kawat gigi palsu untuk bergaya tak lepas dari pengaruh selebriti nasional yang juga menggunakan kawat gigi ketika tampil di layar kaca seperti Andika mantan vokalis Kangen Band.

Behel amat berbahaya digunakan bila tidak ada pengawasan dari dokter gigi. Gusi yang terluka saat pemasangan behel bisa menyebabkan infeksi. Selain itu, beberapa behel ditemukan mengandung zat yang berbahaya. Kawat gigi yang dipasangkan oleh dokter gigi pun juga bisa membahayakan pemakainya jika tidak dirawat dengan baik.

(hp)

Comment di sini