6 Aplikasi Android untuk Anak-anak

by
January 5th, 2013 at 10:00 am

CiriCara.com - Di zaman modern ini, berbagai gadget mulai banyak ditawarkan dengan tujuan untuk menunjang kebutuhan kita, khusunya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi anak-anak. Smartphone yang berbasis Android pun juga didukung dengan sejumlah aplikasi yang dapat digunakan sebagai fasilitas belajar bagi anak-anak.

Orang tua tentunya memiliki peran penting dalam menentukan aplikasi mana yang cocok bagi anaknya. Tampilan aplikasi biasanya dirancang semenarik mungkin untuk menarik minat belajar anak dengan beberapa gambar-gambar lucu. Dengan begitu, anak tidak akan merasa bosan pada saat mereka belajar. Berikut ini ada tujuh aplikasi yang berguna untuk anak-anak.

1. How to Draw – Easy Lesson

Aplikasi gratisan ini berfungsi untuk membantu anak untuk membuat gambar-gambar indah sebagai hiburan dalam pelajaran bagi anak-anak. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai cara untuk memberi tahu anak dalam menggambar mobil, hewan, kartun, dan lain sebagainya. Dengan How to Draw, Anda dapat mengajari anak Anda menggambar dengan cara yang modern sekaligus menyenangkan.

2. Belajar Harian (PR Anak)

Aplikasi seharga US$ 0.90 ini dapat membantu orang tua mengajari anaknya untuk mengerjakan PR dan dilengkapi dengan soal yang bermacam-macam. Kelebihan dari aplikasi ini adalah tersedia berbagai macam soal yang lucu sehingga anak dapat lebih ceria dalam belajar. Aplikasi ini berisi materi seperti mengenal alat musik, perbandingan, alam semesta, bendera kebangsaan, menghitung benda, dan lainnya.

3. Belajar Membaca

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang menyediakan permainan huruf sehingga anak dapat lebih cepat untuk belajar membaca. Pada aplikasi yang dapat diunduh secara gratis ini, terdapat level satu hingga empat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak dalam proses belajarnya.

4. Zoola

Aplikasi ini dapat mengajarkan anak untuk dapat mengenal berbagai suara ataupun nama binatang. Tidak hanya itu,  Zoola juga telah menyediakan lebih dari 250 foto kualitas HD dari keluarga tiap jenis hewan. Aplikasi ini juga telah didesain secantik mungkin agar anak tidak merasa bosan. Harga yang ditawarkan pun cukup murah yaitu sebesar US$ 2.61.

5. How to Make Origami

Origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Di Jepang, origami memang terkenal karena dapat melatih kreativitas seseorang. Dengan menggunakan aplikasi ini, anak dapat dituntun untuk menciptakan berbagai bentuk yang hanya diciptakan oleh selembar kertas. Tentunya origami telah menawarkan berbagai bentuk seperti halnya kelinci, anjing, kucing, bola dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kreativitas anak dapat terasah melalui aplikasi yang dapat diunduh secara gratis ini.

6. IstoryBooks Z

Jika Anda biasanya suka menceritakan berbagai dongeng untuk anak-anak, maka aplikasi ini juga dapat demikian. Aplikasi yang satu ini telah menyediakan berbagai cerita untuk anak-anak sepert Pinokio, Cinderella, dan masih banyak lagi cerita yang ditawarkan. Anak juga bisa belajar bahasa Inggris lewat cerita-cerita tersebut.

Aplikasi-aplikasi tersebut memang dapat mendidik anak sekaligus dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan di saat waktu senggang. Jadi anak tidak hanya diajarkan untuk bermain saja, tapi anak diajarkan untuk belajar sambil bermain sehingga anak menjadi semakin pandai dan memiliki wawasan yang cukup. (CT)

Comment di sini