CiriCara: Tantangan Pernikahan dan Cara Mengatasinya

by
January 5th, 2013 at 1:00 pm

CiriCara.com - Pernikahan merupakan awal dari terbentuknya sebuah keluarga baru yang diidamkan kebanyakan orang. Namun, pernikahan tidak semudah yang dibayangkan sebab butuh persiapan yang matang agar tercipta hubungan keluarga yang harmonis dan langgeng.

Tentunya, dalam pernikahan sering muncul tantangan yang bisa-bisa berakhir pada perceraian. Susan Shapiro Barash, seorang pakar hubungan serta penulis buku The Nine Phrases of Marriage membeberkan tiga halangan terbesar dalam pernikahan berikut cara mengatasinya.

1. Keuangan

Susan menjelaskan bahwa keuangan memang memang sering menjadi masalah terbesar dalam pernikahan. Tidak hanya untuk keluarga dengan kelas ekonomi menengah ke bawah, namun juga terjadi dalam keluarga yang berada dalam kelas ekonomi ke atas. Untuk itu, penting sekali penyesuaikan gaya hidup dengan penghasilan bagi suami dan istri guna mencegah terjadinya defisit dalam keuangan keluarga. Suami dan istri harus saling terbuka ketika berbicara masalah keuangan.

2. Keluarga besar

Keluarga besar juga bisa menjadi penghambat untuk terjalinnya pernikahan dengan baik. Misalnya seperti mertua yang tidak merestui hubungan atau ikut campur dalam urusan keluarga Anda. Untuk itu, Anda perlu membatasi campur tangan orang tua di dalam pembangunan rumah tangga Anda sendiri. Bila Anda sedang punya masalah dengan pasangan, sebaiknya bicarakan dulu dengan dia baik-baik, bukannya langsung mengadu pada orang tua.

3. Anak

Anak memang menjadi perekat dalam rumah tangga, namun tidak jarang pula menjadi sumber masalah dalam rumah tangga. Bila memang seseorang telah memiliki nilai yang berbeda dalam mendidik anak, maka hal itu sering sekali menimbulkan pertikaian tiada henti sehingga menjadi kekecewaan yang menumpuk dan akhirnya saling menyalahkan dan berujung pada perceraian.

Masalah yang sering terjadi biasanya seperti memilih sekolah atau universitas yang tepat, prestasi anak, pergaulan, dan lain-lain. Dalam hal ini, sekali lagi komunikasi yang paling penting dengan membicarakannya secara bersama-sama untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman. Jangan pernah lelah untuk berskusi bersama. Selain itu, sebelum mengucap janji pernikahan Anda perlu saling sepakat untuk menentukan nilai-nilai dalam mendidik anak kelak.

Pernikahan yang merupakan awal dari pembentukan sebuah kelauarga wajib dijalani dengan sebaik mungkin. Yang perlu diingat adalah komunikasi. Komunikasi memang merupakan kunci terpenting untuk mengatasi permasalahan dalam keluarga. Seberat apapun masalah tidak akan bisa terpecahkan jika tanpa komunikasi. (CT)

Comment di sini