10 Jenis Burung yang Diam-diam Bisa Membunuhmu

by
January 7th, 2013 at 4:40 pm

CiriCara.com – Mungkin selama ini kita mengenal burung sebagai binatang bersayap yang ramah, jinak, dan tidak perlu terlalu diwaspadai. Namun ternyata anggapan ini salah besar.

Ada beberapa jenis burung yang sangat berbahaya terutama bila kita sebagai manusia mengusik ketenangan mereka. Dilansir dari Listverse.com, inilah sepuluh jenis burung yang bisa membunuh kamu jika mereka tiba-tiba mengamuk:

10. Elang ekor merah

Elang ekor merah dapat menyebabkan luka parah pada manusia jika mereka mulai menyerang. Elang ini adalah elang terbesar di Amerika Utara dengan berat 3 hingga 4,4 pon dan lebar sayap mencapai 5 kaki. Di negara bagian Connecticut, Amerika Serikat, elang ini sering menyerang orang dan menimbulkan luka di kepala para korban.

9. Burung hantu salju

Burung hantu salju pada umumnya berwarna putih bersih mirip seperti Hedwig, burung hantu milik Harry Potter. Namun siapa sangka ternyata burung ini termasuk kategori burung berbahanya. Burung nokturnal ini kebanyakan tinggal di wilayah Arktik atau kutub utara. Dengan tinggi 18 kaki,  lebar sayap selebar 4 kaki, dan kuku-kuku yang tajam, burung hantu salju ini mampu mencakar wajah manusia sampai berdarah jika mereka terancam.

8. Burung Lammergier

Burung ini memang tidak ada di Indonesia dan kawasan Asia. Namun di Eropa terutama Jerman, burung dengan tampang menyeramkan ini bisa memakan kawanan domba yang digembalakan di padang rumput.

Burung Lammergier sangat suka memakan sumsum tulang mamalia. Burung raksasa ini akan membawa tulang mangsanya terbang tinggi lalu menghancurkannya di bebatuan di atas tebing. Tentu saja dengan tampang dan kemampuan yang menyeramkan seperti itu, Lammergier adalah ancaman bagi manusia.

7. Burung hantu jenis barred (Barred Owl)

Dari gambar di atas, burung hantu jenis barred yang menghuni kawasan hutan di Amerika Serikat bagian selatan ini terlihat tidak berbahaya. Namun faktanya burung ini sering mencederai para pendaki gunung. Burung hantu jenis ini akan menyerang kepala si pendaki gunung lalu mencakarnya hingga berdarah.

6. Burung Loon jenis Great Northern

Jangan bandingkan burung Loon dari Great Northern ini sama seperti bebek yang jinak. Burung penyelam berbobot 8 hingga 12 pon ini memiliki cakar yang tajam yang biasa digunakan untuk menyobek daging ikan yang mereka mangsa. Jadi berhati-hatilah jika Anda menyelam dekat burung Loon yang satu ini karena seorang peneliti hewan pernah tewas setelah dicakar pada bagian dada kirinya.

5. Angsa jenis Mute

Angsa jenis Mute ini adalah salah satu angsa terbesar di dunia. Angsa seperti ini biasanya ditemukan di daerah Amerika Utara. Walaupun bentuk burung perairan ini sangat anggun namun jika sarang mereka diganggu, angsa dengan lebar sayap 7 kaki ini bisa menyebabkan patah tulang dan sakit mata pada manusia.

4. Burung camar jenis European Herring

Burung camar tidaklah seindah yang kamu bayangkan. Di Eropa, spesies camar laut jenis European Herring bisa mengancam nyawa manusia.

Karena ulah manusia yang mengotori habitat mereka dengan sampah, burung camar ini sulit untuk mendapatkan mangsa. Akibatnya burung ini sering mencuri makanan manusia yang berada di sekitar laut dengan menyerang terlebih dahulu. Seorang anak kecil pernah diserang camar jenis ini pada bagian wajahnya saat si camar mencoba mengambil sosisnya.

3. Burung murai Australia

Secara fisik, burung murai Australia ini mirip dengan burung gagak. Ya, burung murai asal Australia ini masih satu kerabat dengan gagak. Dengan lebar sayap mencapai 3 kaki, burung ini tampak sangat besar ketika sedang terbang.

Dalam kurun waktu enam minggu di awal musim kawin, burung murai Australia akan menjaga wilayah mereka dari ancaman siapapun termasuk manusia yang lewat dekat mereka. Dengan kuku dan paruh tajam, burung ini sering mencederai para pejalan kaki yang lewat terutama di bagian kepala.

2. Burung unta Afrika

Burung onta adalah burung terbesar di dunia. Burung ini memilik berat 240 pon dan tinggi 7 kaki. Walaupun bentuknya lucu dan tampak jinak, namun burung ini termasuk burung penyerang.

Kawanan burung onta mampu berlari dengan kecepatan 43 mil per jam. Dengan kaki yang panjang dan kuku yang tajam, mereka bisa menyerang manusia dan bahkan menewaskannya hanya dalam hitungan detik. Peristiwa ini sering terjadi saat manusia tidak sengaja lewat di dekat tempat berkumpulnya burung onta saat musim kawin tiba.

1. Burung Kasuari

Dan inilah burung paling berbahaya di dunia, burung kasuari. Burung yang ditemukan di daratan Papua dan Australia ini tercatat paling banyak menewaskan manusia.

Burung cantik ini memiliki berat lebih dari 130 pon dengan tinggi 5 kaki. Burung ini siap menyerang siapa saja yang mendekat dan mengancam habitat mereka dengan tajinya. Mereka akan mengejar si target lalu menendangnya dengan taji yang tajam.

Jadi jangan pernah remehkan kesepuluh hewan bersayap di atas. Berhati-hatilah dan jangan pernah mengganggu habitat mereka. (RN)

List Verse

Comment di sini