2013, Ponsel Pintar Bakal Semakin Menggemaskan

by
January 7th, 2013 at 9:25 am

CiriCara.com - Industri ponsel pintar atau smartphone kini telah memulai perubahan besar untuk semakin meningkatkan daya tarik di pasar.

Dengan desain yang lebih menawan ditambah lagi fungsinya yang semakin cerdas sebab adanya dukungan dari sejumlah sektor industri, di masa mendatang ada kemungkinan smartphone bakal menjadi dompet digital serta dapat terhubung dengan CCTV, bahkan dapat digunakan untuk memanggil taksi hanya dengan klik melalui smartphone saja.

Apa saja prediksi perkembangan ponsel pintar di tahun 2013 ini?

Layar baru

Beberapa produsen mulai merancang layar ponsel ciptaan terbarunya dengan fitur yang lebih canggih. Mereka mulai memperbesar luas layar serta meningkatkan resolusinya sehingga dapat mencapai level High Definition. Sejumlah produsen juga telah mengembangkan model layar yang fleksibel dengan dapat dilipat maupun digulung, tidak lagi menggunakan kaca melainkan plastik. Dengan demikian, para pengguna pun tidak perlu khawatir layar ponsel akan pecah.

Performa meningkat

Di tahun 2013 kemungkinan para produsen akan mulai menciptakan ponsel dengan prosesor octo-core, yakni prosesor yang memilik delapan inti. Tidak hanya meningkatkan performa, namun sistem hemat daya dengan rancangan baterai yang memiliki kapasitas besar pun mulai ditingkatkan. Peningkatan ini amat diusahakan supaya ponsel dapat memiliki daya hidup yang panjang. Dengan demikian, ponsel tersebut bisa digunakan untuk memainkan game berat yang menelan banyak daya.

Media sosial dan fotografi

Perusahaan jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook telah berusaha untuk meningkatkan layanan dalam perangkat bergerak. Hal itu ditujukan karena banyaknya pengguna yang mengakses jejaring sosial melalui ponsel maupun tablet. Sejumlah perusahaan internet pun juga menyediakan fitur filter foto dalam aplikasi di ponsel. Konsumen akan menemukan lebih banyak lagi aplikasi-aplikasi serupa instagram. Media sosial yang sudah mapan pun diramalkan akan mengembangkan fitur filter sendiri.

Hadirnya BlackBerry 10

Bagaimanakah aksi BlackBerry 10 mendatang? Kita masih belum tahu pasti hingga peluncurannya 30 Januari mendatang.Research in Motion (RIM) tentunya sedang berkonsentrasi untuk membangun ekosistem aplikasi pada Blackberry 10. Thorsten Heins, CEO RIM berjanji bahwa dia akan menyediakan aplikasi populer yang cocok untuk Blackberry 10 tersebut. Tidak hanya Blackberry 10, smartphone lainnya seperti Nokia dan HTC juga telah meramaikan tahun 2013 ini dengan ponsel yang canggih.

Akses ke mesin

Operator seluler di Indonesia kini tak hanya berkonsentrasi untuk menambah pelanggan saja, mereka juga akan mencari pelanggan people-to-machine. Karena banyaknya produk elektronik yang memanfaatkan kartu SIM pada jaringan GSM dan 3G, ada kemungkinan nantinya ponsel akan dapat terhubung dengan kamera CCTV, sensor gas, sensor pintu dan lain sebagainya. Pengguna bisa mengakses mesin-mesin tersebut lewat ponsel mereka.

Dompet digital

Ingin belanja ke tempat-tempat tertentu tanpa perlu membawa uang-uang yang nantinya berisiko dicuri? Dengan sentuhan Near Field Communication atau NFC ponsel bisa berubah fungsi menjadi dompet digital. Dengan demikian, Anda dapat membayar barang belanjaan Anda hanya dengan menggunakan smartphone. Sejumlah negara maju sudah siap untuk menerapkan teknologi tersebut, namun tidak dengan Indonesia karena ekosistem pembayaran elektronik di Indonesia masih belum populer.

Masa mendatang, ponsel sudah bukan hanya sebagai alat untuk melakukan SMS dan panggilan telepon saja, melainkan sebagai pendukung untuk aktivitas yang lainnya. Semakin hari, ponsel akan semakin menggemaskan untuk dimiliki sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. (CT)

Comment di sini