5 Tren Makanan Terbaru 2013

by
January 7th, 2013 at 4:35 pm

CiriCara.com – Masuk dalam tahun baru 2013, perubahan dan resolusi pun mulai dipikirkan oleh setiap individu. Tentu ada yang berkeinginan untuk mengubah gaya hidup, gaya rambut, gaya berpakaian, dan sebagainya. Tapi bagaimana dengan gaya makanan?

Ternyata, untuk tahun 2013 ini, bukan hanya gaya rambut saja yang punya tren khususnya, tetapi juga makanan.

Berikut adalah penjabaran 5 teratas tren makanan di tahun 2013:

1. Minuman anggur lebih bervariasi

Pasalnya, anggur menjadi ciri minuman berkelas di kalangan tertentu. Tapi untuk tahun 2013 ini, jangan terkejut jika menemukan jenis minuman anggur yang lebih banyak dan berbeda dari tahun sebelumnya. Menurut penuturan Nancy Light dari Wine Institute, anggur yang akan menjadi populer di tahun 2013 ini di antaranya adalah: Chardonnay, Cabernet Sauvignon, dan Pinot Noir. Deretan nama tersebut tentu sudah tidak asing lagi bagi para pencinta anggur, tapi bagi kamu yang belum tahu, tidak ada salahnya mencari tahu dan mencicipi rasanya.

2. Bahan makanan alami

Karena isu yang beredar bahwa bahan makanan di zaman sekarang ini sudah banyak dipengaruhi oleh pestisida, dan berbagai campuran bahan kimia berbahaya lainnya. Disebutkan kalau pada tahun 2013 ini, bahan makanan alami lah yang akan menjadi tren di dunia kuliner 2013.

Bahan makanan alami yang dimaksudkan di sini ialah bahan makanan yang dicari sendiri atau dipanen dari ladang sendiri, yang diyakini bahwa bahan makanan alami yang langsung diolah setelah diambil dari alam akan membuat cita rasa masakan yang baru dan menjamin kualitas serta kesegaran dari bahan makanan tersebut.

3. Burger yang diperbaharui

Kabarnya, menu burger yang paling sering kita dengar, yaitu Cheeseburger, akan diperbaharui dengan kreasi baru pada topping yang menghiasi isi burger tersebut. Bukan hanya burger yang berasal dari Pasadena, California itu saja yang mengalami pembaharuan, mungkin seluruh jenis burger pun akan ditambahkan variasi topping dan bumbunya, hingga membuat cita rasa yang berbeda dari tahun 2013.

4. Minyak zaitun merajai semua minyak

Tahun 2013 ini, minyak Zaitun akan merajai penggunaan semua jenis minyak. Sebenarnya, sudah lama terdengar informasi bahwa minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak yang paling aman dikonsumsi untuk menggoreng makanan atau sebagai campuran dalam menu makanan. Faktanya, minyak yang terbuat dari buah zaitun ini mengandung banyak unsur polifenol yang kemudian dapat diubah menjadi antioksidan. Dan extra virgin olive oil mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan berat badan.

5. Peternakan dan pertanian lebih diandalkan

Di tahun 2013 ini tampaknya semakin banyak orang yang akan lebih mengandalkan hasil panen dari para petani, nelayan, dan peternak secara langsung. Sebagian besar restoran juga akan bekerjasama langsung dengan produsen makanan seperti petani, nelayan, dan peternak sebagai pemasok lokal, dengan demikian menu pada restoran secara tidak langsung bergantung pada pasokan bahan makanan yang mereka pasok.

Itulah 5 tren di dunia kuliner tahun 2013 ini. (yk)

Richmond Times-Dispatch