Buat Status Mabuk di Facebook, Remaja Ini Ditangkap Polisi

by
January 7th, 2013 at 1:42 pm

Oregon (CiriCara.com) – Rupanya Facebook bukan sekadar jejaring sosial biasa, tapi ini juga bisa menjadi alat bantu polisi dalam menangkap beberapa pelaku pelanggaran hukum. Hal itu sering terjadi di Amerika Serikat.

KGW.com

KGW.com melaporkan ada seorang anak remaja laki-laki usia 18 tahun yang ditangkap polisi setelah dia menuliskan status pada akun Facebook-nya tentang menyetir sambil mabuk.

Remaja yang bernama Jacob Cox-Brown itu terkejut ketika secara tiba-tiba, pihak kepolisian mendatangi rumahnya dan membawanya ke kantor polisi setempat, terkait dengan status mabuk yang dibuatnya itu.

Facebook/Huffington Post

Dalam status Facebook-nya, Jacob jelas-jelas menulis “menyetir sambil mabuk…. klasik ;) Tapi kendaraan siapapun yang saya tabrak saya minta maaf. :P”.

Pada kenyataannya, polisi setempat memang menemukan 2 mobil yang tertabrak di jalanan di Astoria, Oregon, AS pada 3 Januari 2013 siang hari waktu setempat.

Akan tetapi, status yang ditulisnya itu kurang dapat membuktikan pelanggaran hukum yang dilakukannya, oleh karena itu, polisi menangkapnya dengan tuduhan terhadap kegagalan dalam berkendara, yang diperkuat dengan 2 mobil korban yang ditabrak dan mobil yang dikendarai Jacob, di mana terdapat bekas-bekas menabrak.

Kasus Jacob ini bukanlah penangkapan pertama yang dilakukan polisi dengan bantu informasi dari Facebook. Sudah banyak pelaku kejahatan dan pelanggaran hukum yang dapat dilacak oleh kepolisian dari akun Facebook para pelakunya sendiri.

Misalnya pada bulan Mei 2012 lalu, ada 2 orang pencuri merampok sebuah warnet, tapi salah satu dari perampok itu sempat “log in” ke akun Facebook-nya dan lupa “log out”, jadi memudahkan polisi untuk melacak keberadaan si pelaku tersebut.

Begitu pula sebaliknya, Facebook tidak hanya bisa membantu polisi untuk menangkap penjahat, tapi para penjahat itupun dapat menggunakan Facebook untuk melacak orang-orang yang bisa menjadi targetnya. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengunggah sesuatu yang bersifat pribadi ke akun Facebook kamu.

(yk)

Huffington Post

Comment di sini