CiriCara: 5 Ciri Kartu Kredit yang Aman

by
January 7th, 2013 at 4:56 pm

CiriCara.com – Kartu kredit memang menawarkan kemudahan untuk berbelanja. Bukan hanya itu, dengan menggunakan kartu kredit Anda juga bisa mendapatkan potongan harga yang menggiurkan.

Meskipun penggunaan kartu kredit memudahkan Anda untuk berbelanja, namun pemilihannya juga harus diperhatikanJangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena telah memilih kartu kredit yang salah dan tidak aman. Lalu bagaimana cara mengetahui kartu kredit itu aman atau tidak?

Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak ciri-ciri kartu kredit yang aman berikut ini:

1. Memiliki jaringan yang diakui seluruh dunia

Biasanya, nama besar dari penerbit kartu kredit memperlihatkan level profesionalisme di tingkat internasional. Untuk itu, Anda harus jeli melihat ini. Pilihlah kartu kredit yang memiliki jaringan penerimaan yang diakui seluruh dunia.

2. Memberikan pelayanan secara lengkap

Kartu kredit yang aman digunakan adalah mereka yang memberikan pelayanan secara lengkap. Pelayanan itu meliputi layanan informasi, pengaduan, penyelesaian masalah, dan kemudahan pembayaran selama 24 jam. Informasi dan pengaduan, seperti pemblokiran kartu, jumlah tagihan, dan rincian pembayaran harus Anda miliki secara lengkap. Jika penerbit kartu kredit memberikan pelayanan secara lengkap, maka memudahkan Anda juga untuk melakukan pembayaran.

3. Memberikan fasilitas yang memudahkan Anda

Kemudahan dalam membayar tagihan juga sangat penting. Kartu kredit yang aman digunakan adalah penerbit kartu yang memberikan fasilitas tempat pembayaran dan cara pembayaran yang mudah. Misalnya, melalui ATM, internet, atau ponsel. Namun, Anda juga harus hati-hati ketika melakukan pembayaran melalui fasilitas yang diberikannya itu.

4. Memiliki fasilitas foto diri dan signature

Keamanan dalam kepemilikian kartu kredit seharusnya juga menjadi faktor perhatian. Kartu kredit yang aman adalah penerbit kartu yang memiliki fasilitas foto diri dan tanda tangan yang dicetak pada kartu. Adanya kedua fasilitas itu paling tidak meminimalisir tindakan kejahatan pada kartu keredit Anda.

5. Suku bunga yang cocok

Besarnya iuran tahunan dan suku bunga kartu kredit yang satu dengan yang lain berbeda-beda. Untuk itu, pilihlah jenis suku bunga yang cocok dengan pendapatan Anda. Hal ini akan berpengaruh terhadap kebiasaan Anda berbelanja. Jika Anda memilih kartu kredit dengan suku bunga yang besar, maka hasrat berbelanja juga semakin tak terbendung.

Itulah ciri-ciri kartu kredit yang aman untuk Anda. Anda juga perlu ingat bahwa untuk tidak menggunakan kartu kredit di atas kemampuan finansial. Jika hal tersebut dilakukan, maka akan membuat hidup Anda terlilit oleh utang. (NR)