Kecelakaan Mobil Listrik Dahlan Iskan Dinilai Karena Human Error

by
January 7th, 2013 at 2:56 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kecelakaan mobil listri Tucuxi yang dikendarai oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan memang menyita banyak perhatian. Bahkan, anggota Komisi I DPR Roy Suryo juga ikut berpendapat mengenai penyebab kecelakaan tersebut.

Kompas.com

Menurut Roy yang juga pecinta otomotif, kecelakaan Tucuxi terjadi karena kesalahan manusia (human error). Dahlan dinilai tidak menguasai teknik pengereman di jalur pegunungan sehingga terjadi rem blong.

“Memang ‘teknik mengerem’ terkadang tidak diketahui pengendara yang tidak terbiasa di rute-rute pegunungan, seperti Cemoro Sewu-Maospati itu, jadi karena rem diinjak terus, maka menjadi panas dan terjadilah ‘rem blong’,” jelas Roy, seperti dikutip detik.com, Senin (7/1/2013).

Menurut Roy, cara pengereman yang dilakukan Dahlan tidak cocok digunakan di jalur pegunungan. Menginjak rem terlalu lama saat di turunan tajam akan membuat rem jadi blong. “(Seharusnya) berhenti saat rem mulai ‘dalam’ sehingga tidak ‘nyeplos’ malah fatal, blong,” jelasnya.

Roy juga menjelaskan bahwa beberapa mobil memiliki sistem pengereman yang mudah mengalami panas, jadi butuh kemampuan khusus agar rem tidak mengalami blong. “Apalagi kalau sistem rem mobil listrik yang pakai ‘dynamo-breaking’,” jelasnya.

Sekadar info, sistem rem dynamo-breaking biasanya digunakan di sejumlah mobil listrik. Sistem ini mampu menghasilkan listrik dari panas yang dihasilkan saat pengendara melakukan pengereman. Itulah sebabnya rem ini sangat mudah mengalami panas.

Roy menyimpulkan bahwa kecelakaan tersebut terjadi karena human error. Pasalnya pengendara Tucuxi, Dahlan Iskan tidak menguasai teknik mengerem di jalanan menurun. Sehingga rem menjadi blong karena terlalu lama diinjak sampai menghasilkan panas berlebih.

Sebelumnya, Dahlan Iskan mengalami kecelakaan di Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Sabtu (5/1/2013). Mobil Tucuxi yang dikendarainya mengalami rem blong dan menabrak tebing, tiang listrik, serta satu mobil. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

(YG)

Comment di sini