Seorang Bayi Lahir Saat Pesawat Merpati di Udara

by
January 7th, 2013 at 1:45 pm

Jakarta (CiriCara.com)Merpati Airlines, sebuah maskapai penerbangan nasional ikut berperan dalam proses lahirnya bayi di atas pesawat pada Minggu, 6 Januari 2013 malam. Bagaimana bisa?

Diberitakan oleh Kompas.com, kemarin malam seorang penumpang wanita bernama Harmani (33) tengah hamil tujuh bulan mengikuti penerbangan dari Timika ke Ujung Pandang. Awalnya, istri dari Rudi Hamjah ini berniat untuk berkunjung ke Maros, Sulawesi Selatan.

Di dalam pesawat Merpati dengan kode penerbangan MZ 845 ini, Harmani mengalami gejala perut mulas seperti ingin melahirkan pada pukul 19.00 WIT.

Direktur Utama Merpati, Rudy Setyopurnomo mengatakan bahwa kru pesawat Merpati yang sedang bertugas saat itu dengan siaga membantu proses persalinan bayi dengan selamat walau lahir secara prematur.

Saat bayi lahir, penerbangan sedang dipimpin oleh Captain Firman Hutapea dan M. Yasin dan dibantu oleh pramugari Sherly Juwita, Rahmasari, Musyarafatul, dan Anisah Abdullah.

Setelah pesawat Merpati mendarai di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Harmani dan bayinya langsung dirawat oleh tim medis setempat.

Dikatakan lagi oleh Rudy Setyopurnomo bahwa keberhasilan kru Merpati ini menunjukkan kesiapan para kru pesawat dalam menangani setiap permasalahan yang terjadi di atas pesawat dan di sepanjang penerbangan.

Menurut Rudy, kru pesawat Merpati memang sudah dilatih mulai dari persiapan penerbangan, proses evakuasi saat kecelakaan dan hal lainnya yang terjadi saat proses penerbangan hingga pendaratan.

“Kru aktif dan cekatan melakukan persalinan di atas pesawat dengan ilmu pengetahuan Aviation Medicine yang dilakukan dalam pelatihan di Merpati,” pungkas Rudy seperti dikutip Kompas.com.

Kelahiran di atas pesawat adalah salah satu peristiwa langka yang jarang dihadapi oleh para kru kabin pesawat. Dengan adanya proses kelahiran bayi prematur di atas pesawat yang jarang terjadi ini tentunya kerja para awak pesawat Merpati Airlines perlu diapresiasi. (RN)

Comment di sini