Video: BlackBerry 10 Ungguli iPhone 5 dan HTC 8X

by
January 7th, 2013 at 11:07 am

CiriCara.com - Apakah Anda penggemar berat BlackBerry? Ya, ponsel pintar yang satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Setelah diguncang isu bangkrut dan semacamnya, produsen BlackBerry menggebrak pasar dengan berencana meluncurkan BlackBerry 10 pada 2013.

Petinggi Research in Motion (RIM) mengklaim perangkat BlackBerry 10 bakal mengungguli iPhone 5 pada November tahun lalu. Peluncuran secara resmi BlackBerry 10 dijadwalkan pada 30 Januari 2013. Namun, prototype ponsel telah dibagikan kepada sejumlah pengembang aplikasi di seluruh dunia.

Di YouTube sendiri ada beberapa video uji  kecepatan akses internet antara BlackBerry 10 dan smartphone tandingan seperti HTC 8X dan iPhone 5. Di video tersebut pengunggah mengaku BB 10 lebih cepat dalam hal merambah dunia maya ketimbang dua saingannya.

BB 10 vs HTC 8X

BB 10 vs iPhone 5

Gadget Masters yang melakukan pengujian dengan menggunakan salah satu prototype yang dibagikan oleh RIM, yakni BlackBerry Dev Alpha B menemukan bahwa BlackBerry 10 ternyata dapat mengungguli HTC 8X yang didukung dengan Windows Phone 8 serta iPhone 5 yang didukung oleh iOS 6.

Pada saat pengujian pun, perbedaan mereka sudah nampak secara jelas bahwa webkit yang berbasis BlackBerry 10 kini ternyata dapat me-render halaman situs lebih cepat daripada kedua perangkat saingannya itu. Jika membahas tentang kecepatan akses tiap halaman dari situs, Blackerry 10 masih belum dapat dibilang yang terbaik karena tiap situs mempunyai bobot yang berbeda.

Bisa dibilang ketiga smartphone tersebut memiliki kecepatan yang tidak berbeda jauh untuk mengakses halaman situs. Namun, setidaknya ponsel BlackBerry 10 ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya untuk berbagai aktvitas.

Ditambah lagi, perangkat BlackBerry 10 yang sedang diuji tersebut ternyata masih dalam bentuk prototype sehingga bukan versi finalnya. Tentunya hasil pengujian pada versi final akan jauh lebih baik daripada versi prototype ini.

Khusus pada video perbandingan BB 10 vs iPhone 5,  terdapat sejumlah komentar keras dari para penggemar Apple di YouTube. Ada yang melihat bahwa koneksi internet kedua ponsel tersebut tidak sama sehingga hasilnya tidak tepercaya.

Saat ini kehadiran Blackberry 10 di Indonesia masih ditunggu-tunggu karena masih dalam tahap seritifikasi. Pengujian memang tidak semudah yang dibayangkan karena harus melalui beberapa tes.

Tinggal menunggu waktu untuk pencetakan sertifikasi, maka selesailah sudah BlackBerry 10 akan hadir di Indonesia melalui beberapa distributor. Perangkat BlackBerry 10 sebagian besar berasal dari pabrikan dari Kanada dan Meksiko. Untuk itu, bagi para pengguna dan penggemar BlackBerry, bersiaplah untuk menunggu kehadiran ponsel canggih tersebut. (CT)

Comment di sini