Arti Pesan Error Pada Web Server

by
January 8th, 2013 at 4:19 pm

CiriCara.com – Terkadang, pesan error tiba-tiba saja muncul dan mengagetkan Anda saat sedang asyik mengakses blog atau web. Beberapa orang mengetahui makna dan penyebab pesan itu muncul. Namun, beberapa lainnya bahkan merasa khawatir ketika ada pesan tersebut.

Beberapa pesan error yang sering ditemui, antara lain 403, 404, 500 error gateway, dan pesan error lainnya. Lalu, apa sebenarnya maksud dan penyebab dari pesan error tersebut? Dicuplik dari salah satu blog, inilah arti pesan error yang sering muncul pada web server:

1. HTTP error 403 forbidden

Tulisan seperti itu sering terjadi karena disebabkan oleh permission pada folder atau file yang dituju tidak mengizinkan untuk dilihat oleh publik. Jika Anda ingin mengizinkan publik untuk mengakses folder atau file, maka atur permission-nya menjadi 755 atau 644.

2. HTTP error 500 – Internal server error

Jika hal itu sering terjadi pada blog atau web Anda, maka biasanya disebabkan karena adanya kesalahan pada perintah-perintah .htaccess. Untuk itu, Anda harus mengecek kembali perintah-perintah yang dimasukkan.

3. HTTP error 503 – Service unavailable

Pesan kesalahan tersebut mengisyaratkan bahwa server web tempat situs Anda berada saat ini tidak dapat menangani permintaan HTTP dari browser karena proses di server telah melebihi batas kapasitas yang ditentukan atau bisa juga dikatakan sedang kelebihan beban.

4. HTTP error – Bad gateway

Pesan kesalahan tersebut bisa saja terjadi pada saat salah satu server yang terlibat dalam proses akses ke situs web yang sedang Anda tuju mengalami masalah. Masalah ini pada umumnya tidak disebabkan oleh program di sisi pengunjung, melainkan di sisi aplikasi atau script server web atau jaringan yang menuju ke server atau di sisi ISP.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengulangi akses ke situs web dengan me-refresh atau mengetik alamat langsung. Jika pesan error tersebut terjadi pada saat Anda mencoba script cgi/perl/php, maka periksa kembali sintaks-sintaks script tersebut.

5. HTTP error 404 – Not found

Ada dua kemungkinan jika pesan ini sering muncul, pertama yaitu file yang diakses tidak ada. Jika Anda sebagai pemilik web tersebut, maka silakan coba file yang Anda akses, apakah ada atau tidak pada folder public_htm. Kemungkinan yang kedua yaitu URL rewrite-nya tidak benar. URL rewrite digunakan untuk membuat link-link pada website Anda agar menjadi lebih sederhana dan bagus. Perintah-perintah URL rewrite diletakkan pada file .htaccess, jadi silakan periksa kembali perintahnya. Apakah sudah sesuai dengan link yang yang Anda akses atau belum.

Itulah arti pesan error yang sering muncul pada web server. Semoga bermanfaat. (NR)

Comment di sini