CiriCara: Cara Agar Anak Terhindar dari Paedofil

by
January 8th, 2013 at 10:21 pm

CiriCara.com – Paedofil adalah paraphilia yang melibatkan ketertarikan abnormal terhadap anak-anak. Paraphilia sendiri yaitu gangguan yang dicirikan oleh dorongan seksual yang intens berulang, serta fantasi seksual.

Paedofil merupakan gangguan psikoseksual, yang mana fantasi atau tindakan seksual dengan anak-anak prapubertas. Cara yang dilakukannya itu untuk mencapai gairah dan kepuasan seksualnya. Paedofil bisa heteroseksual atau homoseksual.

Selain itu, beberapa paedofil ada yang tertarik pada anak laki-laki dan perempuan. Namun, sebagian paedofil ada juga yang tertarik pada anak-anak saja dan ada juga yang tertarik dengan orang dewasa dan anak-anak.

Di Indonesia, anak-anak masih rentan terhadap tindakan asusila para pelaku paedofil atau kelainan orientasi seksual yang lebih mengarah pada anak-anak di bawah umur. Untuk itu, para orangtua harus melindungi anak-anaknya dari faktor lingkungan sekitar yang bisa mengancam si anak.

Ada beberapa cara yang harus dilakukan orangtua agar si anak terhindar dari paedofil. Apa saja? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak tips berikut ini:

1. Jangan membiarkan anak sendirian

Para ibu disarankan untuk tidak meninggalkan anaknya sendiri. Jangan pernah meninggalkan si anak sendirian di tempat ramai atau membiarkannya dengan orang dewasa yang tidak dikenal. Hal ini bisa membuat para pelaku paedofil menunjukkan aksinya di hadapan anak Anda.

2. Ajarkan anak untuk berteriak

Anak-anak harus diajarkan berteriak atau berlari jika di hadapkan dengan situasi yang tidak nyaman. Selain itu, ajarkan juga si anak untuk memanggil orang lain saat sedang berada pada situasi tidak nyaman itu. mengajarkan anak hal tersebut bisa membuatnya terhindar dari tindakan asusila pelaku paedofil.

3. Memberi pendidikan tentang body integrity

Si anak harus diberi pendidikan atau diajari oleh si ibu mengenai bagaimana lingkungan memperlakukan fisik anak dengan sebagaimana mestinya. Anak  harus diberitahu bahwa tubuh merupakan hal yang privat dan harus jauh dari sentuhan orang lain, terutama orang yang tidak dikenal.

Itulah cara agar si anak terhindar dari paedofil. Sebagian besar paedofil memang tidak melukai korbannya secara fisik. Beberapa di antaranya sengaja menakut-makuti si anak dengan caranya sendiri. Misalnya, membunuh hewan peliharaan anak dan mengancam akan lebih menyakitinya jika melapor kepada orangtuanya. Selain itu, paedofil juga senang membelai si anak, memainkan alat kelamin si anak, mendorong anak memainkan anak kelaminnya, dan mencoba memasukkan alat kelamin si anak.

Pencabulan itu bisa berlangsung selama beberapa minggu, bulan, atau tahun jika tidak diketahui oleh orang dewasa lain atau si anak tidak melapor kepada orangtuanya. Jika si anak mendapat perlakuan tersebut, maka bisa merusak masa depannya. Untuk itu, para orangtua disarankan agar selalu menjaga dan mendidik anaknya dengan baik. (NR)

Comment di sini