Miliarder China Rela Jadi Tukang Sapu Jalanan

by
January 8th, 2013 at 1:31 pm

Wuhan (CiriCara.com) – Seorang wanita kaya asal kota Wuhan, China tidak segan-segan menyingsingkan lengan bajunya untuk rela bekerja sebagai tukang sapu jalanan setiap jam 3 pagi selama 6 hari dalam seminggu. Setiap harinya, dia pasti menghabiskan waktu 6 jam untuk membersihkan jalan raya yang panjangnya mencapai 3.000 m.

Oddity Central

Wanita paruh baya ini bukanlah warga miskin di kota tersebut, sebaliknya, dia adalah miliarder yang mempunya 3 rumah bertingkat 5.

Awalnya, pada 1980-an, wanita yang bernama lengkap Yu Youzhen ini, hanyalah seorang petani sayuran biasa di Huojiawan, China. Bersama dengan suaminya, mereka bekerja keras hingga bisa mengumpulkan uang. Setelah bertahun-tahun, akhirnya mereka berhasil mendirikan rumah tiga tingkat.

Sejak saat itu, mereka menjadi keluarga yang terkenal kaya di desa itu. Kemudian, banyak pula penduduk-penduduk China yang membutuhkan tempat tinggal, datang ke Wuhan, jadi Yu mulai menyewakan rumahnya yang bertingkat 3 itu dengan tarif 50 yuan (sekitar 77. 000 rupiah) setiap bulannya.

Dari pendapatannya itu, dia mulai membangun rumah-rumah lainnya dengan tingkat yang lebih banyak. Hingga beberapa tahun kemudian, dia dan suaminya sudah punya 3 rumah bertingkat 5, dan hampir semuanya penuh terisi oleh para penyewa.

Selain itu, dia pun mempunyai 21 apartemen dari kompensasi kebijakan penggantian dan pembangunan kembali lahan miliknya yang sudah didirikan rumah di Huojiawan. Keluarga Yu memang sangat beruntung.

Oddity Central

Namun, dengan kekayaan yang sudah dimilikinya, Yu tidak ingin menyia-nyiakan hidupnya dengan kesenangan di meja judi, dan minum-minuman keras seperti yang banyak dilakukan warga China kaya.

Oleh karena itu, dia memilih untuk melakukan pekerjaan mulia seperti menjadi tukang sapu jalanan dan membersihkan tempat-tempat sampah di sepanjang jalanan di kota tersebut, meski gaji yang didapatnya tidak seberapa, hanya 1.420 yuan (sekitar 2,2 juta rupiah) setiap bulannya.

Oddity Central

Tujuan Yu melakukan hal itu ialah karena dia ingin memberikan contoh yang baik pada kedua anaknya, bahwa seseorang itu tidak dapat hanya duduk manis di rumah untuk mendapatkan uang.

Hasilnya, putra Yu bekerja sebagai sopir di Donghu Scenic Area dengan gaji 2.000 yuan (sekitar 3 juta rupiah) setiap bulannya dan putrinya bekerja sebagai pekerja kantoran dengan gaji 3.000 yuan (sekitar 4,6 juta rupiah) setiap bulannya.

Hal ini dapat kita jadikan contoh pula, bahwa hidup ini tidak seharusnya disia-siakan tanpa bekerja ataupun melakukan hal yang berguna, meski kita sudah memiliki kekayaan dan segalanya. (yk)

Oddity Central

Comment di sini