CiriCara: Cara Alami Mengatasi Bengkak Pada Kaki

by

CiriCara.comKaki yang bengkak biasanya disebabkan karena berjalan jauh atau berdiri terlalu lama. Namun, jika Anda tak banyak melakukan aktivitas dan kaki membesar serta nyeri, maka hal itu merupakan gejala gangguan kesehatan. Gangguan kaki memang bisa menggambarkan kondisi kesehatan Anda.

Gangguan kesehatan yang menyebabkan kaki bengkak, seperti komplikasi kehamilan, adanya infeksi, pembekuan darah, dan gangguan ginjal atau hati. Jika gangguan kesehatan itu bisa menyebabkan kaki bengkak, maka Anda menyembuhkannya secara alami.

Dilansir dari Care2.com, berikut 10 cara alami mengatasi bengkak pada kaki:

1. Yoga

Berolahraga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Sementara melakukan yoga merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bengkak karena untuk menggerakkan tubuh dan fokus pada sistem sirkulasi. Olahraga yang satu ini cukup fleksibel. Anda bisa melakukannya di rumah dengan belajar sendiri dari video atau mengambil kelas yoga.

2. Berenang

Selain yoga, berenang juga bisa membantu menyembuhkan kaki yang bengkak. Saat berenang, anggota tubuh, seperti kaki akan terus bergerak dan mengapung di air. Hal ini membantu tubuh melawan gravitasi dengan lebih baik.

3. Meminum air putih

Jangan pernah merasa malas untuk meminum air putih saat kaki sedang bengkak. Jika bosan dengan rasanya, maka Anda bisa menambahkan mentimun dengan lemon. Kedua jenis makanan tersebut merupakan agen anti inflamasi yang baik.

4. Mengangkat kaki

Anda bisa melakukan gerakan ini di rumah dengan posisi berbaring di kasur atau lantai. Setelah berbaring, cobalah untuk mengangkat kaki atau memposisikan kaki lebih tinggi dari bagian tubuh. Agar kaki lebih tinggi dari bagian tubuh, Anda bisa memberikan bantal untuk dijadikan penyangga.

5. Massage

Anda juga bisa menyembuhkan kaki yang bengkak dengan massage. Jangan malu untuk mengatakan kondisi tersebut kepada ahli massage. Mereka akan bisa menyembuhkannya dalam waktu yang singkat. Untuk ibu hamil, cobalah menghubungi ahli massage yang khusus menangani ibu hamil.

6. Air garam

Air garam bisa dijadikan alternatif untuk menyembuhkan kaki yang bengkak. Caranya mudah yaitu Anda bisa merendam kaki di air garam selama kurang lebih setengah jam. Dengan begitu, bengkak di kaki akan segera hilang. Jika belum hilang juga, maka Anda harus rutin melakukannya.

7. Minyak grapefruit

Menyembuhkan kaki yang bengkak dengan minyak grapefruit bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama yaitu mandi berendam dalam air yang diberi beberapa tetes minyak grapefruit. Sedangkan cara kedua yaitu langsung meneteskan minyak grapefruit ke bagian kaki yang bengkak.

8. Air tonik

Anda bisa merendam kaki pada air tonik atau minuman berkarbonasi yang mengandung kimia. Cara alami ini bisa mengurangi inflamasi yang terjadi pada kaki dan secara bertahap akan menyembuhkan bagian kaki yang bengkak.

9. Suplemen magnesium

Kekurangan magnesium bisa menyebabkan bengkak pada kaki. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa mengonsumsi suplemen magnesium secara teratur. Jika sedang hamil, maka sebaiknya konsultasikan dahulu kepada sang dokter.

10. Stocking kesehatan

Saat ini, stocking kesehatan sudah bisa Anda temukan di pusat perbelanjaan. Stocking kesehatan ini memang disarankan untuk dipakai jika kaki seseorang sedang bengkak. Tak ada salahnya untuk mencoba memakai stocking kesehatan ini agar kaki yang benkak bisa segera sembuh.

Itulah cara mudah menyembuhkan bengkak pada kaki. Kaki yang bengkak sebaiknya segera diatasi agar segala aktivitas Anda dapat kembali dijalani. Untuk memutihkan kulit kaki, Anda juga bisa membaca artikel ini. Selamat mencoba. (NR)


comments powered by Disqus