CiriCara: Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

by

CiriCara.com – Bukan hanya gigi berlubang saja yang sering menjadi permasalahan seseorang pada giginya, tapi juga masalah warna gigi. Beberapa orang yang memiliki masalah itu terkadang membuat penampilannya jadi kurang percaya diri. Tahukah Anda apa penyebab gigi kuning itu?

Gigi yang kuning itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain sering merokok, mengonsumsi teh herbal dan minuman bersoda, menyikat gigi setelah makan yang manis, berenang, menderita penyakit diabetes, dan lain sebagainya. Namun, gigi yang terlihat agak kuning itu bisa segera diatasi dengan cara alami, seperti mengonsumsi stroberi, keju, serta buah-buahan dan sayuran lainnya.

Bukan hanya itu, ternyata baking soda juga bisa membuat gigi Anda kembali putih bersinar. Baking soda merupakan pembersih yang efektif yang bisa digunakan untuk menghilangkan perubahan warna gigi. Baking soda mampu menjangkau celah-celah dan retakan yang terbentuk pada enamel sehingga bisa menghilangkan noda pada gigi.

Lalu, bagaimana cara menggunakan baking soda itu? Apakah baking soda bisa menggantikan pasta gigi? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak tips berikut ini:

1. Baking soda dan garam

Cara ini merupakan salah satu cara sederhana yang bisa Anda gunakan. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 3 sendok teh baking soda dengan sekitar 1 sendok teh garam. Jangan dilarutkan, tapi Anda bisa langsung menggunakannya sebagai bubuk pembersih. Setelah itu, Anda bisa langsung bilas mulut dengan air bersih.

2. Baking soda, gliserin, dan ekstrak peppermint

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu mencampurkan 5-6 sendok teh baking soda dengan 3-4 sendok teh gliserin sayuran. Campurkan kedua bahan tersebut dan buat hingga menjadi pasta yang lembut. Setelah menjadi pasta, langkah selanjutnya yaitu menambahkan setengah sendok garam dan beberapa tetes minyak atau ekstrak peppermint. Aduk hingga merata dan Anda bisa menggunakannya sebagai pasta gigi untuk memutihkan gigi. Saat menggunakan bahan ini, jangan menggosok gigi terlalu keras karena bisa merusak enamel gigi.

3. Baking soda dan peroksida

Hidrogen peroksida merupakan bahan kimia yang memiliki sifat pemutih kuat sehingga bisa digunakan bersama dengan baking soda untuk membuat gigi Anda putih bersinar. Anda bisa mencampurkan sedikit hidrogen peroksida dengan baking soda dan campur hingga jadi seperti pasta. Gunakan kedua campuran itu sebagai pengganti pasta gigi.

Itulah cara memutihkan gigi dengan baking soda. Keuntungan lain yang bisa Anda dapat jika menggunakan baking soda yaitu mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut dan membuang penumpukkan plak. Namun, jangan terlalu berlebihan atau terlalu sering menggunakannya karena bisa menimbulkan korosi pada gigi. (NR)


comments powered by Disqus