Pernikahan Kakek dengan Gadis 15 Tahun Menuai Kecaman

by
January 9th, 2013 at 10:04 am

CiriCara.com – Di Arab Saudi ada kakek usia 70 tahun menikahi seorang gadis remaja yang baru berusia 15 tahun. Kabarnya, pria ini membeli gadis itu dari keluarganya dengan mas kawin senilai 20.000 dollar AS (sekitar 193 juta rupiah).

Christian Post

Menurut pemberitaan di CNN.com, perihal pernikahan ini menjadi kehebohan publik karena pria tua itu melaporkan bahwa istrinya itu pergi meninggalkan dia dan kembali kepada keluarganya. Namun, pria itu mengatakan bahwa keluarga si perempuan lah yang merebut istrinya, padahal dia sudah membayar mas kawin dengan harga yang sangat mahal.

Ayah sang gadis berasal dari Yemen, dan ibunya adalah warga negara Arab Saudi. Keluarga ini tinggal di desa Al-Hurath, provinsi Jizan, Barat Daya Arab Saudi.

Kakek yang menolak memberitahukan nama lengkapnya ke pihak media ini, mengklaim bahwa gadis yang dinikahinya itu sudah berumur 25 tahun.

“Dia bukan berumur 15 tahun seperti yang dikatakan oleh orang-orang. Dia sudah 25 tahun, dan sudah cukup dewasa untuk mengambil keputusannya sendiri. Saya telah dibohongi oleh keluarga gadis itu.”, ungkap pria berumur itu seperti dikutip dari CNN.com.

Di Arab Saudi memang tidak ada hukum yang mengatur tentang batasan umur untuk menikah. Namun, menanggapi kasus pernikahan yang terjadi antara pria 70 tahun dan gadis 15 tahun, pihak Komnas HAM Arab akan membantu gadis remaja tersebut untuk mendapatkan haknya dengan memperkarakan kasus pernikahan ini ke pengadilan.

Salah seorang pengerja di Komnas HAM Arab mengatakan bahwa gadis 15 tahun itu masih sangat belia. Mungkin dia marah dengan situasi yang terjadi. Alasannya kabur dari suaminya bisa juga dikarenakan pertengkaran dalam rumah tangga mereka yang membuatnya tidak sanggup bertahan untuk tinggal bersama pria berumur itu.

Kasus pernikahan dengan gadis di bawah umur ini juga mendapat tanggapan dari beberapa pengguna Twitter, di antaranya ada yang menyebutkan bahwa kasus ini terlihat lebih kepada penjualan anak pada pria yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, orangtua sang gadis harus bertanggung jawab atas apa yang telah menimpa putrinya itu. Lainnya menyebutkan ini adalah tindakan yang tidak berperikemanusiaan dan harus segera dihentikan.(yk)

Examiner

Comment di sini