Prestasi Jokowi Saat Menjabat Wali Kota Solo

by
January 9th, 2013 at 11:48 am

CiriCara.com – Joko Widodo atau Jokowi yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta sebelumnya adalah Wali Kota Surakarta. Mantan Wali Kota Surakarta ini berhasil menempati peringkat Wali Kota terbaik ketiga di dunia versi  The City Mayors Foundation.

Light Photography

Jokowi berada di peringkat ketiga di bawah Wali Kota Bilbao, Inaki Azkuna di peringkat pertama dan Wali Kota Perth Barat, Lisa Scaffidi di peringkat kedua.

Saat terpilih menjadi Wali Kota Surakarta, Jokowi banyak melakukan perubahan di kota kecil tersebut. Ia berhasil mengubah daerah kriminal menjadi pusat aktivitas seni dan budaya yang menarik perhatian wisata domestik dan internasional.

Jokowi juga digelari sebagai politisa paling jujur di Indonesia karena kampanye yang dilakukannya melawan korupsi saat menjabat sebagai Wali Kota. Saat menjabat sebagi orang nomor satu di Solo itu, Jokowi juga tidak mengambil gajinya.

Saat memimpin Surakarta, Jokowi lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan bersama rakyat ketimbang di kantor. Inilah yang membuat Jokowi sangat dekat di hati rakyat Surakarta.

The World Mayor Foundation mengharuskan agar Wali Kota masih menjabat saat penutupan pengumpulan suara namun Jokowi diberi pengecualian karena jumlah suara yang diraihnya sangat tinggi di putaran pertama dan kedua.

Menanggapi pemberian gelar Wali Kota ketiga terbaik di dunia, Jokowi tidak terlalu berlebihan. Ia mengatakan jika hasil yang ia dapat adalah pendapat rakyat.

Baginya sebagai seorang abdi masyarakat, Jokowi berusaha melakukan yang terbaik yang bisa ia lakukan selama ia ditugaskan menjabat sebagai pemimpin daerah.

“Yah biasa… dikomentari apa sih? Saya itu bekerja, ada yang menilai yaitu masyarakat,” komentar Jokowi seperti dikutip Detik.com, Selasa, 8 Januari 2013. (RN)

 

Comment di sini