RSBI dan SBI Resmi Dibubarkan oleh Mahkamah Konstitusi

by
January 9th, 2013 at 9:30 am

Jakarta (CiriCara.com) – Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) resmi dibubarkan oleh Mahkamah Konstitusi.

Keputusan terhadap kedua jenis sekolah tersebut diambil setelah uji materi terhadap Pasal 50 ayat 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang menngatur pembentukan sekolah bertaraf internasioal telah dikabulkan.

Tribunnews

Dilansir dari Tempo.co, menurut Majelis Hakim Konstitusi, pembentukan sekolah bertaraf internasional sangat berpotensi mengikis rasa bangga dan karakter bangsa.

“Membangun pendidikan yang setara internasional tidak harus mencantumkan label bertaraf internasional. Sistem pendidikan di dalamnya juga berdampak mengurangi pembangunan jati diri nasional,” kata hakim konstitusi Anwar Usman dalam sidang pembacaan putusan di gedung Mahkamah Konstitusi, Selasa, 8 Januari 2013 seperti dikutip Tempo.co.

Selain itu, pembentukan RSBI membuat perlakuan pemerintah berbeda terhadap sekolah dan siswa. Tentu saja perlakuan berbeda ini sangat bertentangan dengan Pasal 31 Ayat 1 dan Ayat 2 UUD 45 tentang pendidikan nasional.

Menurut Majelis, siswa yang memiliki kecerdasan yang tinggi memang perlu mendapat perlakuan yang berbeda namun tidak harus diaplikasikan dengan cara membentuk RSBI.

Pembentukan RSBI dinilai telah menunjukkan perlakuan pemerintah yang berbeda terhadap sekolah karena hanya siswa RSBI saja yang mendapat perlakuan istimewa sementara sekolah lain tidak dan bahkan terpinggirkan.

Pembentukan RSBI akan membuat pendidikan berkualitas menjadi mahal dan hanya dapat dinikmati oleh beberapa kalangan tertentu. Inilah yang menimbulkan ketidakadilan terhadap siswa Indonesia.

Uji materi ini telah diajukan oleh murid, dosen, aktivis pendidikan, dan juga Indonesia Corruption Watch (ICW) yang telah merasa dirugikan karena keberadaan RSBI dan SBI. Kedua sekolah tersebut dinilai sangat rentan dengan penyelewengan dana serta dianggap telah mendiskriminasi pendidikan di Indonesia.

RSBI mulai menjamur di Indonesia sejak aturan disahkan. Misalnya saja, menurut Federasi Serikat Guru Indonesia tercatat ada sekitar 1.300 sekolah RSBI untuk SD, SMP, SMA, dan SMK sejak peraturan diberlakukan untuk pertama kali. (RN)

Comment di sini