Angelina Sondakh Akan Divonis Hari Ini

by
January 10th, 2013 at 11:10 am

Jakarta (CiriCara.com) - Terdakwa penerima suap kepengurusan anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Pendidikan Nasional, Angelina Sondakh akan divonis hari ini, Kamis, 10 Januari 2013.

Dilansir dari Kompas.com, nantinya, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta akan membacakan putusan atas perkara kasus Angelina Sondakh tersebut.

Pembacaaan keputusan tersebut akan berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta. Menyambut pembacaan vonis ini, Tengku Nasrullah selaku pengacara Angelina mengharap agar hakim bisa memutuskan perkara dengan jernih dan tidak terpengaruh oleh pendapat orang lain.

“Jangan sampai hakim terjebak dengan opini yang dibentuk di masyarakat,” katanya kepada Kompas.com, Kamis, 10 Januari 2013.

Dalam sebuah persidangan yang digelar sebelumnya, tim jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut hakim agar menjatuhkan vonis 12 tahun penjara dengan denda Rp. 500 juta subsider enam bulan kurungan penjara terhadap Angelina Sondakh.

Selain itu, jaksa juga menuntut agar Angie dijatuhi hukuman pidana tambahan dengan mengembalikan kerugian negara sebanyak uang yang dikorupsinya.

Angie terbukti bersalah dengan telah menerima uang suap dengan total Rp. 12,58 miliar dan USD 2.350.000 dari Grup Permai secara bertahap.

Uang sebanyak itu adalah imbalan bagi istri almarhum Adjie Masaid itu agar dapat mengusahakan anggaran proyek perguruan tinggi di Kemdikbud dan wisma atlet Hambalang di Kemenpora sesuai dengan permintaan Grup Permai.

Menanggapi tuntutan jaksa, Angie dan kuasa hukumnya mengajukan pembelaan atau pleidoi bahwa Angie tidak menerima uang tersebut dan merasa sebagai korban perpolitikan.

Untuk menghadapi putusan vonis hari ini, Angie berharap agar hakim menjatuhkan vonis seadil-adilnya terhadap dirinya karena tidak ada bukti dalam persidangan yang dapat menunjukkan uang sebesar Rp. 32 miliar telah dikirimkan untuk Angie.

Menurut dakwaan yang dijatuhkan kepada Angie, pemberian uang miliaran rupiah itu diberikan kepadanya lewat seorang kurir. Namun, kurir yang bernama Jefri menolak mengakui tuduhan saat Angie diperiksa dalam persidangan beberapa waktu lalu.

Sedangkan di sisi lain, menurut Juru Bicara KPK, Johan Budi, berharap agar Angelina dijatuhi hukuman sesuai dengan tuntutan jaksa karena ia telah dinyatakan bersalah. Angelina akan dijadikan bukti bagi KPK untuk mengusut tersangka lain. (RN)

Comment di sini