Angin Kencang Juga Melanda Perairan Indonesia

by
January 10th, 2013 at 2:46 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Angin kencang yang melanda sebagian besar wilayah di Jakarta hari ini, Kamis, 10 Januari 2013 telah diprediksikan sejak kemarin, Rabu 9 Januari 2013 oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Peringatan dini yang diberikan oleh BMKG itu meliputi angin kencang dan gelombang tinggi yang bisa terjadi di beberapa perairan di Indonesia. Bahkan angin kencang dapat menimbulkan gelombang laut hingga setinggi 3,5 meter di perairan Bengkulu dan Enggano.

Gelombang tinggi periode 8 hingga 10 Januari 2013 juga bisa menjadi penyebab utama gelombang setinggi 4-6 meter di Laut Cina Selatan, perairan Kepulauan Anambas, dan Kepulauan Natuna, Laut Sumbawa, dan Selat Makassar bagian selatan.

Sedangkan perairan lainnya yang berpotensi terkena angin kencang ini adalah Laut Flores, perairan Kepulauan Selayar, perairan selatan Bau—Bau, perairan selatan Bali hingga NTS, Laut Sawu, Laut Timor, Laut Maluku bagian utara, dan Samudera Hindia selatan NTT.

Karena angin kencang ini, maka Kepala Humas Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub, Sindu Rahayu sudah mengeluarkan kebijakan surat tunda berlayar untuk kapal karena cuaca yang tidak mendukung. Kapal-kapal yang dilarang berlayar adalah kapal laut dan kapal penyeberangan dan kapal fery.

Dilansir dari Solopos.com berdasarkan sumber kantor berita Antara, pelabuhan besar seperti Pelabuhan Gilimanuk di Jembrana, Bali juga menutup pelabuhan karena angin kencang yang disertai oleh ombak besar.

Sedangkan menurut Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi BMKG Hary Tirto Djatmiko angin kencang di Jakarta adalah dampak dari badai tropis di selatan Bali.

Badai tropis yang berdampak hingga Jakarta ini telah menyebabkan satu orang tewas dan kerusakan di area sekitar Kabupaten Jembrana, Bali. (RN)

Comment di sini