Angin Kencang Terjang Bali, 1 Orang Tewas

by
January 10th, 2013 at 2:22 pm

Denpasar (CiriCara.com) – Sejumlah wilayah Bali mengalami kerusakan parah akibat diterjang angin kencang sejak Rabu (9/1) hingga Kamis (10/1) pagi tadi. Selain itu, satu warga juga dikabarkan tewas akibat angin kencang yang disertai hujan tersebut.

Seperti yang diberitakan suarapembaruan.com, angin kencang yang melanda Bali mengakibatkan kerusakan yang cukup parah di sejumlah desa. Banyak pohon dan bangunan yang roboh akibat tidak kuat diterjang angin.

Di Jalan Nangka Selatan, Gang Kenari 1, Dusun Umasari, Desa Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, sebuah tembok sepanjang 60 meter dan tinggi 3 meter roboh menimpa warga. Komang Suyasa (28) mengalami patah kaki, sementara Luh Anik (38) mengalami luka di bagian muka akibat tertimpa reruntuhan tembok.

Selain itu, sebuah pohon pule yang dikeramatkan warga Karangasem tumbang akibat diterjang angin kencang. Pohon tersebut mengakibatkan lalu lintas wilayah Bambang Biaung, Duda, terputus total. Jalan dialihkan dari Desa Duda menuju Selat Muncan, terus ke Bukit Jambul.

Warga belum bisa mengevakuasi pohon pule tersebut karena masih mempercayai adat. Mereka masih menunggu waktu yang tepat agar pemotongan pohon keramat tersebut tidak menimbulkan bencana. Sesepuh warga Karangasem meminta waktu selama tiga hari untuk proses pemotongan pohon tersebut.

Sementara itu, satu korban yang tewas diketahui bernama AA Ayu Sri Suarti (52) warga asal Banjar Bangkiang Sidem, Desa Gunung Salak, Selemadeg Timur, Tabanan. Ia diketahui merupakan seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Selemadeg.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), angin kencang yang disertai hujan tersebut muncul akibat badai tropis di selatan Bali. Badai tropis tersebut juga mengakibatkan angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia lainnya, termasuk Jakarta.

(YG)

Comment di sini