Badai Tropis Sebabkan Angin Kencang di Jakarta

by
January 10th, 2013 at 1:32 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Sejumlah wilayah di DKI Jakarta saat ini tengah dilanda angin kencang berkecepatan sedang hingga tinggi. Banyak pengendara sepeda motor yang berjalan oleng karena diterjang angin. Sebenarnya apa penyebabnya?

Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi BMKG Hary Tirto Djatmiko menuturkan bahwa angin kencang di Jakarta disebabkan oleh badai tropis di selatan Bali. Badai tersebut juga mengakibatkan angin kencang di sejumlah daerah lainnya.

“Lokasi badainya sekitar 1.500 km selatan Bali dan ini menyebabkan adanya angin kencang di wilayah Indonesia termasuk Jakarta,” jelas Hary Tirto Djatmiko, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (10/1/2013).

Menurut Hary, tingkat kecepatan angin dibagi menjadi beberapa level, seperti level sepoi, ringan, sedang, kencang, sangat kencang, dan badai. Dan kondisi angin di sekitar Jakarta saat ini sudah mendekati level sangat kencang.

Hary menjelaskan bahwa kecepatan angin normal umumnya hanya mencapai 5-15 km/jam. Untuk kategori angin sedang kecepatannya, 20-30 km/jam. “Sedangkan yang (Jakarta) kita rasakan ini kecepatannya lebih dari 35 km/jam,” ujarnya.

Selain mengakibatkan angin kencang, lanjut Hary, badai tropis tersebut juga mengakibatkan tingginya gelombang air laut. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas para pengguna jasa transportasi laut. Sedangkan untuk pesawat terbang, angin kecang ini tidak begitu berpengaruh.

Hary memperkirakan angin kencang ini akan menyebabkan hujan di wilayah Jabodetabek. Namun, hujan diprediksikan hanya berada di intensitas yang rendah hingga sedang. Karena awan hujan terus terbawa oleh angin.

(YG)

Comment di sini