CiriCara: Cara Cerdas Belanja Saat Diskon Besar-besaran

by
January 10th, 2013 at 4:04 pm

CiriCara.com – Saat sedang pergi ke pusat perbelanjaan, ternyata sedang ada diskon besar-besaran. Diskon besar-besaran itu juga di ada di beberapa toko ternama. Melihat diskon itu, tentunya membuat pecinta belanja ingin menghampiri toko-toko tersebut.

Biasanya, diskon yang ada di puasat perbelanjaan juga bisa Anda lihat pada awal atau akhir tahun. Diskon yang diberikan cukup besar yaitu hingga 80%. Kalau sudah begitu, kaum hawa tentunya akan “kalap” berbelanja dan ingin membeli semua barang-barang yang diinginkannya, seperti sepatu, pakaian, tas, dan barang-barang lain yang menjadi kebutuhannya.

Namun, Anda disarankan untuk tetap cerdas berbelanja walau ada diskon besar-besaran itu. Dilansir Dailymail.co.uk, berikut cara cerdas belanja saat diskon besar-besaran:

1. Menyiapkan uang

Diskon besar-besaran akan terjadi pada awal atau akhir tahun. Mengetahui hal itu, Anda harus menabung terlebih dahulu. Menabung bertujuan untuk menghindari perasaan bersalah karena sudah terlalu banyak mengeluarkan uang untuk membeli barang diskon. Selain itu, dengan menabung Anda juga bisa membeli semua barang yang diinginkan.

2. Jangan tergiur dengan tren

Ketika pusat perbelanjaan menggelar diskon besar-besaran, Anda harus tetap cerdas belanja. Jangan terburu tergiur dengan benda yang sedang tren. Anda harus membeli barang yang cocok atau perlu digunakan saja. Misalnya, pakaian klasik berwarna putih, hitam, jeket kulit, rok, kemeja, atau benda bermerek yang sedang turun harga. Ketahuilah bahwa pakaian klasik tak lekang oleh tren fashion.

3. Sesuaikan ukuran

Anda disarankan juga agar tidak terlalu terburu-buru membeli model pakaian yang sedang tren. Anda perlu menyortir pakaian terlebih dahulu sebelum membelinya. Dengan begitu, Anda tak akan tergoda dengan pakaian berbagai gaya yang terlalu besar atau terlalu kecil. Untuk apa membeli pakaian yang ukurannya tidak tepat buat Anda.

4. Melakukan survei

Sebelum ada diskon besar-besaran, alangkah baiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu. Lakukan survei pada barang-barang yang ingin Anda beli atau barang bermerek yang sedang tren. Dengan begitu, pada saat diskon nanti Anda bisa langsung membelinya.

5. Pikirkan kegunaannya

Biasanya barang yang didiskon tak mengenal musim. Namun, Anda harus pikirkan jauh ke depan mengenai kegunaannya. Jangan hanya membeli pakaian yang bisa digunakan untuk saat ini, tapi pikirkan juga untuk pakaian pada musim yang akan datang. Jadi, ketika Anda membutuhkan baju pada musim itu, bisa langsung dipakai saja.

6. Berpikiran terbuka

Jika Anda ingin membayar penuh dan lebih memilih diskon, maka jangan terlalu mempermasalahkan merek. Adanya diskon  besar-besaran merupakan saat yang tepat untuk mencoba merek baru atau menemukan merek dengan kualitas bagus yang belum pernah Anda coba.

7. Jangan menunggu

Jika Anda benar-benar menyukainya, harga dan ukurannya juga pas, maka jangan ragu-ragu lagi untuk membeli. Barang diskonan tak akan bertahan lama di suatu tempat. Jika Anda meninggalkannya, maka bisa jadi tidak akan menemukan barang itu lagi di lain waktu karena sudah dibeli oleh orang lain.

Itulah cara cerdas belanja saat diskon besar-besaran. Namun saat diskon besar-besaran, Anda juga harus mencermati pada barang yang dibeli. Barang diskonan terkadang ada beberapa bagian yang cacat. Sudah siap Anda menhgadapi diskon besar-besaran nanti? Selamat berbelanja. (NR)

Comment di sini