CiriCara: Cara Membeli Rumah Pertama

by
January 10th, 2013 at 4:57 pm

CiriCara.com – Bagi yang baru menikah, memiliki rumah sendiri mungkin adalah suatu hal yang harus diwujudkan. Pasangan yang baru menikah, biasanya akan mencari-cari rumah atau lokasi mana yang akan dibeli. Namun, ada juga beberapa pasangan yang sudah menikah hanya tinggal menempati rumah barunya itu.

Membeli rumah pertama memang akan menjadi salah satu pembelian terbesar dalam hidup Anda. Berbagai pertanyaan kerap muncul, seperti bisakah saya membeli rumah ini? Apakah saya mampu membayar tiap bulannya? Lokasi mana yang cocok untuk keluarga saya? dan pertanyaan-pertanyaan lain.

Untuk mengatasi berbagai pertanyaan tersebut, sebaiknya Anda simak tips berikut ini yang dicuplik dari About.com:

1. Menyewa agen

Menyewa agen merupakan hal yang sangat penting bagi Anda jika ingin membeli rumah untuk pertama kalinya. Jika Anda lebih memilih untuk survei rumah dengan mengunjungi open house selama berjam-jam pada saat weekend, maka tak perlu lagi menyewa agen. Namun, menyewa agen bisa menghemat waktu Anda. Mereka akan memperlihatkan daftar rumah sesuai permintaan Anda, memberikan preview rumah, dan bisa memberitahukan harga yang tepat.

2. Mencari rumah untuk dibeli

membeli rumah bisa menjadi suatu kegiatan yang cukup menguras tenaga dan pikiran. Untuk mencari rumah yang tepat, tidaklah mudah seperti yang Anda bayangkan. Untuk itu, sebaiknya Anda melihat maksimal 7 rumah terlebih dahulu pada satu waktu. Biasanya pilihan yang lebih dari 10 malah membuat Anda pusing. Namun, jangan lupa juga untuk melakukan riset online terlebih dahulu sebelum memutuskan pergi untuk survei rumah.

3. Mendapatkan pinjaman

Memiliki rumah memang idaman setiap orang. Namun, dana yang diperlukan tidaklah sedikit. Untuk itulah beberapa bank memiliki fasilitas kredit pemilikan rumah. KPR merupakan pinjaman yang ditunjukkan untuk membiayai pembelian rumah baik dalam kondisi baru maupun bekas untuk dimiliki sendiri.

Sebagian besar penjual tak menerima tawaran jika pembeli tidak bisa menjamin bahwa mereka pasti mendapatkan pinjaman. Untuk itu, Anda bisa meminta agen untuk rujukan ke KPR atau cek dengan serikat kantor Anda sendiri untuk akses kredit atau bank.

4. Negosiasikan penawaran

Pembeli terkadang membuat kesalahan dengan membandingkan harga jual rumah ke rumah lain yang mereka lihat. Padahal, harga yang ditetapkan oleh penjual itu bisa ditawar lagi. Untuk itu, jangan lupa melakukan negosiasi.

Itulah cara membeli rumah pertama untuk pasangan yang baru menikah. Namun, saat membeli rumah Anda juga harus memilih lokasi yang strategis. (NR)