Di Wonogiri, Halte dan Pohon Roboh Akibat Angin Kencang

by
January 10th, 2013 at 2:46 pm

CiriCara.com – Akhir-akhir ini Jakarta tengah dilanda angin kencang. Kabarnya, angin kencang itu disebabkan oleh badai tropis di selatan Bali. Namun, bukan hanya di Jakarta saja yang diterpa itu, sejumlah kota di Indonesia, seperti Wonogiri juga diterpa angin kencang.

Dilansir dari Suaramerdeka.com, dini hari tadi (10/1) sekitar pukul 00.20 WIB, bangunan halte yang berada di ruas Jalan Jenderal Sudirman, Wonogiri, roboh akibat diterpa angin kencang.

Untungnya, kondisi jalan pada saat itu sedang sepi sehingga tak menimbulkan korban. Dilansir sumber yang sama, dua buruh bangunan yang sedang mengerjakan pembangunan di dekat halte tersebut mengatakan, “Angin kencang terjadi sepanjang malam dan siang hari.”

Ilustrasi / Kompas.com

Robohnya halte yang berada di selatan perempatan Pasar Sukorejo Wonogiri Kota ini langsung ditindaklanjuti oleh Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika dan Kabid Teknik dan Prasarana.

E Suwargiyanto, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) mengatakan bahwa pada pagi hari dirinya telah menerima informasi halte  roboh ke ruas jalan, lalu bersama bersama Kabid Teknik dan Prasarana, Sentot Winarko SP MM langsung ke TKP untuk memimpin pembongkaran halte yang roboh.

Halte yang roboh itu memang sudah dibangun sejak tahun 1984. Bagian pangkal bawah tiang halte juga telah keropos karena korosi. Rencananya, pihak Dishub mengusulkan pembangunan halte baru sebagai gantinya dengan menggunakan dana APBD tahun 2013.

Angin kencang yang menerpa Kota Wonogiri itu bukan hanya menyebabkan halte roboh, tapi pohon-pohon juga banyak tumbang. Sejumlah pohon tumbang di berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Beberapa pohon yang tumbang itu cukup membuat arus lalu lintas tersendat.

Kemacetan lalu lintas itu terjadi di ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng) – Pacitan (Jatim), tepatnya di Gunung Pegat Desa Bumiharjo Kecamatan Nguntoronadi Wonogiri.

Untuk mencegah kemacetan semakin panjang, Nguntoronadi Joko Purwanto SSos MM, camat dan pamong desa serta masyarakat setempat turut bekerja bakti menggergaji pohon yang melintag di ruas jalan tersebut.

Selain di Wonogiri, angin kencang juga menerpa Bali dan mengakibatkan satu orang Tewas. (NR)

Comment di sini