Foto: Dahsyatnya Kebakaran Australia Disebabkan Cuaca Ekstrem

by
January 10th, 2013 at 1:13 pm

CiriCara.com – Cuaca sekarang ini sedang tidak menentu. Kalau di Indonesia, khususnya ibukota Jakarta, hampir setiap hari dilanda hujan, di Australia, beberapa wilayahnya mengalami peningkatan suhu ekstrem yang terjadi sejak Jumat (4/1/13) lalu.

Akibat peningkatan suhu yang sangat ekstrem ini, banyak lahan pertanian dan hutan-hutan di Australia habis terbakar.

Tercatat ada 130 titik kebakaran tersebar di beberapa wilayah Australia, seperti Tasmania selatan, New South Wales, Victoria barat, Canberra, dan masih banyak lagi.

Kebakaran besar ini sulit untuk diatasi karena suhu panas itu disertai dengan angin kencang yang berhembus dengan kecepatan 120 km/jam. Selain itu, menurut laporan Badan Meteorologi Australia, suhu panas di sebagian besar wilayah Australia akan mencapai 43 derajat Celcius.

Namun, dari laporan terakhir BBC Indonesia (BBC.co.uk), suhu di New South Wales telah turun hingga 10 derajat Celcius. Hal ini memberi sedikit napas lega bagi para petugas pemadam kebakaran Australia yang masih berjuang untuk menghentikan kebakaran besar itu. Namun, kondisi panas diprediksi tetap akan terjadi lagi. Oleh karena itu, para warga dan pengungsi diimbau untuk tetap siaga.

Berikut adalah beberapa foto kebakaran yang terjadi di Australia itu

Tim Holmes/AP/Yahoo

Foto ini diambil oleh Tim Holmes, salah seorang anggota keluarga Holmes yang tinggal dekat bangunan yang terbakar itu. Lokasinya adalah di Dunalley, Tasmania, Hobart timur, Australia.

Tim Holmes/AP/Yahoo

Inilah keluarga Holmes yang sedang berlindung di bawah jembatan kayu di Dunalley, Tasmania, Hobart timur, Australia. Foto ini diambil pada tanggal 4 Januari 2013. Terlihat, Tammy Holmes, sibuk menggendong cucu-cucunya demi terhindar dari kebakaran dahsyat tersebut.

NSW Rural Fire Service, James Morris/AP/Yahoo

Ini adalah foto lokasi kebakaran dekat Deans Gap yang diambil oleh petugas pemadam kebakaran New South Wales pada 8 Januari 2013. Petugas pemadam kebakaran berjuang untuk memadamkan api itu serta menyelamatkan penghuni taman nasional.

REUTERS/Tim Wimborne/Yahoo

Inilah kepulan asap dari api yang membakar wilayah dekat Cooma, sebelah selatan Canberra, yang diambil pada 8 Januari 2013.

Reuters/Yahoo

Foto rumah yang terbakar di Dunalley, Tasmania diambil pada 5 Januari 2013. Di lokasi tersebut dikabarkan terdapat 80 rumah hangus terbakar.

AP Photo/Chris Kidd, Pool/Yahoo

Kerusakan yang diakibatkan kebakaran Australia itu, membuat rumah dan kendaraan ini hangus tak bersisa di antara Dunalley dan Boomer Bay.

HANDOUT/REUTERS/Yahoo

Bangunan dan lebih dari 100 rumah di wilayah Tasmania diberitakan menjadi korban dari kebakaran Australia itu.

AP Photo/Chris Kidd, Pool/Yahoo

Inilah bukti parahnya kerusakan yang disebabkan kebakaran Australia di wilayah Hobart, Australia.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini