Gara-gara Asal Nge-tweet, Farhat Abbas Dilaporkan ke Polisi

by
January 10th, 2013 at 5:05 pm

Jakarta (CiriCara.com) – “Kicauanmu di Twitter adalah harimaumu”. Mungkin Farhat Abbas harus belajar dari pepatah ini karena akhirnya ia terkena dampak dari kicauan yang ia buat di Twitter untuk Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Kicauan Farhat Abbas dalam akun Twitter-nya @farhatabbaslaw tersebut dianggap rasis. Akibatnya berbagai tanggapan muncul di masyarakat.

Kapanlagi

Karenanya, Komunitas Intelektual Muda Betawi (KIMB) melaporkan Farhat ke Polda Metro Jaya.

“Kedatangan kita ke Polda Metro Jaya mau melaporkan Farhat Abbas mengenai kicauan-kicauannya di twitter soal Ahok yang sangat rasis dan membahayakan,” ujar Ketua KIMB Ramdan Alamsyah di Polda Metro Jaya, seperti dikutip Detik.com, Kamis, 10 Januari 2013.

Ramdan melaporkan Farhat berdasarkan UU No 40 tahun 2008 dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. Ramdan menilai tweet atau kicauan yang dibuat oleh Farhat itu sangat rasis sehingga dapat menimbulkan kebencian dan membahayakan nilai-nilai bangsa.

Ia juga menilai secara etika, tweet yang dibuat oleh Farhat itu tidak lazim untuk seorang publik figur yang berintelektual dan mengerti hukum.

Sebelumnya, Farhat Abbas berkicau soal Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan cara rasis.

Ahok protes, Dasar Ahok plat Aja diributin! Apapun plat nya tetap Cina!” kicau Farhat Abbas lewat akunnya @farhatabbaslaw

Ketika dikonfirmasi mengenai kebenaran twit tersebut, Farhat mengaku bahwa ialah yang menulis kicauan itu.  Namun Farhat berkilah bahwa ia tidak bermaksud rasis saat menulis kicauan itu di Twitter.

“Itu memang saya yang ngetweet, itu bukan rasialis. Itu justru menunjukkan bahwa non pribumi jangan dibilang kecil, tapi diistimewakan,” kata Farhat.

Namun karena mendapat protes keras dari pengguna Twitter, Farhat lalu meminta maaf kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Pak Wagub Ahok yg bijaksana! Minta maaf ya , tks anda tak sensi , Kita tutup masalah plat nomor Mobil, slmt berkarya” tgu kritik sy yg lain” kicaunya di @farhatabbaslaw.

Walaupun Farhat Abbas sudah meminta maaf, tapi tampaknya masyarakat tidak mau membiarkan masalah seperti ini selesai begitu saja. Jika kasus ini benar-benar diproses, mungkin Farhat bisa diganjar hukuman setimpal. (RN)

Comment di sini