5 Efek Samping Akupunktur

by
January 11th, 2013 at 11:25 am

CiriCara.com – Akupunktur merupakan teknik pengobatan tradisional yang berasal dari China. Meskipun masih menjadi kontroversi karena belum ditemukan bukti ilmiah yang bisa membuktikan bahwa akupunktur bermanfaat untuk mengobati penyakit, teknik tusuk jarum ini begitu populer hingga ke Amerika Serikat, Eropa, dan tentu Asia.

Tapi, adakah efek samping akupunktur? Hingga kini belum ditemukan efek samping negatif atau bahaya akupunktur selain infeksi karena penggunaan jarum yang tidak steril.

Para praktisi akupunktur justru mengemukakan manfat yang didapat jika menggunakan akupunktur. Sara Calabro dari AcuTakeHealth.com mengungkapkan 5 efek samping positif akupunktur:

1. Kualitas tidur lebih baik

Akupunktur diklaim mampu mengobati pasien yang kesulitan tidur atau insomnia. Namun meski pasien tidak mengeluhkan insomnia ketika menjalani akupunktur, biasanya mereka akan mendapati kualitas tidur mereka akan meningkat setelah ditusuk-tusuk jarum oleh pakar akupunktur.

2. Energi lebih banyak

Pasien akupunktur sering mengeluh merasakan sedikit pusing di kepala setelah menjalani terapi. Gejaal ini disebut “acu land”. Namun, beberapa saat kemudian mereka merasa energi di dalam tubuh meningkat. Sebagian besar mengaku mereka merasa lebih berenergi berjam-jam, berhari-hari, dan bahkan berminggu-minggu setelah terapi.

3. Kondisi mental meningkat

Sara Calabro mengatakan akupunktur juga bisa mengatasi gangguan mental, tidak hanya masalah fisik. Selain peningkatan energi, akupunktur dikatakan bisa memperbaiki kondisi mental seseorang. Hasilnya, pasien bisa berpikir dengan lebih jernih sehingga bisa mengambil keputusan tepat dengan segera. Pasien juga merasa lebih percaya diri dan termotivasi.

4. Pencernaan lebih lancar

Organ dan sistem pencernaan manusia terkoneksi dengan struktur lain di tubuh. Dengan menjalani akupunktur, pasien yang mengalami masalah pada sistem pencernaan bisa teratasi bila jarum-jarum ditusukkan ke bagian yang memengaruhi sistem tersebut.

5. Mengurangi stres

Banyak orang yang memang mencari bantuan pakar akupunktur untuk mengatasi stres yang melanda. Namun banyak pula yang datang tanpa mengeluhkan stres, padahal sebenarnya mereka mengalaminya. Mereka terbiasa hidup dengan tingkatan stres tertentu, sehingga merasa stres tersebut merupakan hal yang normal. Dengan akupunktur, orang bisa lebih menyadari stres yang melanda sehingga mereka bisa menentukan langkah yang tepat untuk menguranginya.

Itulah kelima efek samping akupunktur yang sepenuhnya positif. Mau coba terapi akupunktur?
(hp)

Comment di sini