CiriCara: Ciri-ciri Kanker Mulut

by
January 11th, 2013 at 10:52 am

CiriCara.com – Kebanyakan orang sering tidak menyadari akan kemunculan penyakit kanker mulut. Gejala yang mirip dengan sariawan sering dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, sariawan itu bisa saja awal dari munculnya kanker mulut.

Menurut ahli kesehatan gigi dan mulut dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Jakarta, Prof Dr drg Melanie S Djamil MBiomed, semua yang tidak sesuai dengan anatomi rongga mulut, patut menjadi perhatian. Jadi, jangan sepelekan sakit yang terjadi di daerah mulut.

Munculnya kanker mulut, lanjut Melanie, bisa ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan mencurigakan yang muncul di daerah mulut. Namun, tidak semua benjolan itu pertanda dari kanker. Anda perlu waspada jika benjolan tersebut memiliki bercak putih.

“Dapat juga benjolan yang ternyata adalah suatu keganasan (kanker),” ujar Melanie, seperti dikutip dari Okezone.com.

Berikut ciri-ciri kanker mulut pada umumnya:
- Pembengkakan pada mulut
- Pembengkakan kelenjar getah bening
- Pendarahan di sekitar mulut yang terjadi tanpa sebab
- Perubahan warna pada rongga mulut
- Munculnya rasa sakit atau nyeri pada rongga mulut
- Mengalami kesulitan menelan, mengunyah, dan berbicara (serak)
- Sariawan yang tidak sembuh-sembuh

Apabila Anda atau keluarga Anda mengalami ciri-ciri kanker mulut tersebut ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Penanganan secara dini bisa mengurangi bahaya dari kanker mulut yang mematikan itu.

“Jika keadaan keganasan ditemui sedini mungkin, maka harapan hidup menjadi lebih tinggi dibanding perawatan pada keadaan yang sudah lanjut,” ungkap Melanie.

Jika Anda tidak ingin terkena kanker mulut, maka rawatlah kebersihan mulut Anda dengan baik. Minimal sikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari, pagi dan malam menjelang tidur. Hindari juga mengkonsumsi alkohol dan merokok atau mengunyah tembakau. (YG)