Duh! Jadi Tahanan, Angelina Sondakh Masih Dapat Gaji Anggota DPR

by
January 11th, 2013 at 4:41 pm

Jakarta (CiriCara.com)Angelina Sondakh sudah resmi divonis hukuman penjara selama 4 tahun 6 bulan. Hukuman yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kamis, 10 Januari 2013, ini mendapat kritikan dari berbagai pihak.

Pasalnya hukuman tersebut dinilai tak adil karena berbeda 7,5 tahun dari tuntutan jaksa penuntut umum. Lagipula, Angie, sapaan akrab Angelina Sondakh tidak diwajibkan untuk membayar ganti rugi ke negara sebanyak uang yang dikorupsinya.

Bisnis Indonesia

Namun, walau sudah resmi menjadi seorang pesakitan atas kasus korupsi namun Mantan Putri Indonesia ini masih akan mendapatkan gaji anggota DPR lantaran DPR belum memecat Angie.

Di DPR, Angie hanya dikenakan saksi pemberhentian sementara sebagai anggota DPR. Hal senada diungkapkan oleh Ketua Badan Kehormatan DPR RI, M. Prakosa pada Jumat, 11 Januari 2013.

“Masih (terima gaji), tapi hanya gaji pokok saja,” kata M. Prakosa seperti dikutip Tribunnews.com.

Lalu berapa besarnya gaji yang akan diterima Angie sebagai anggota DPR?

Angie akan menerima uang sebesar Rp. 15, 9 juta per bulan walau ia tidak datang dan bekerja di Gedung DPR RI Senayan. Menurut M. Prakosa, keputusan ini diambil karena vonis Angie belum mempunyai kekuatan hukum tepat.

Badan Kehormatan DPR masih akan melihat apakah Angie masih akan naik banding terhadap vonis 4, 5 tahun penjara yang diterimanya.

Angelina Sondakh, istri dari almarhum Adjie Masaid ini disidang oleh Pengadilan Tipikor karena terbukti menerima suap Rp. 2,5 miliar dan USD 1,2 juta dolar terkait penyelewengan anggaran di Kemendiknas dan proyek wisma atlet Hambalang. (RN)

Comment di sini