Tips Mencari Kerja Saat Merantau

by
January 11th, 2013 at 2:14 pm

CiriCara.com – Kebanyakan orang lebih memilih kota besar untuk mencari pekerjaan. Itulah sebabnya banyak dari mereka yang rela meninggalkan kampung halaman demi mendapatkan pekerjaan impian. Apakah kamu juga termasuk perantau?

Merasa asing di tempat baru merupakan hal yang sering dialami oleh banyak perantau. Bahkan, ada beberapa yang memutuskan untuk pulang karena tidak betah. Jadi, butuh mental yang kuat agar bisa bertahan.

Agar tidak menemui kegagalan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak tips mencari pekerjaan saat merantau berikut ini:

1. Mudah berinteraksi

Agar tidak merasa hidup sendirian, cobalah untuk berinteraksi dengan orang-orang baru di sekitar tempat tinggal kamu. Dengan memperbanyak kenalan atau relasi, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan.

2. Jangan jadi pemilih

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Itu sebabnya kamu tidak boleh menjadi orang yang pemilih. Manfaatkanlah lowongan pekerjaan yang ada meskipun tidak suka. Gunakanlah pekerjaan itu sebagai “batu loncatan” untuk mendapatkan pekerjaan impian.

3. Hubungi teman

Menghubungi teman bisa menjadi salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan. Siapa tahu teman kamu juga berada di kota asing yang sama dengan kamu. Jadi, jangan ragu untuk hubungi teman kamu.

4. Sumber informasi

Agar lebih mudah mendapatkan info lowongan pekerjaan, kamu harus bisa memperluas sumber informasi. Kamu bisa menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook atau juga Twitter. Dengan begitu sumber informasi kamu akan bertambah tidak hanya dari dunia nyata saja.

5. Keuangan

Selama belum mendapatkan pekerjaan, berusahalah untuk hidup hemat. Hindari pengeluaran untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Pertahankan cara hidup hemat setidaknya sampai kamu mendapatkan pekerjaan.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk merantau ke luar negeri atau ke luar kota. Persiapkanlah semuanya dengan baik, jangan sampai ada yang tertinggal. (YG)

Comment di sini