10 Fakta Tentang Aaron Swartz

by
January 14th, 2013 at 5:03 pm

CiriCara.comAaron Swartz, sang aktivis dunia maya yang meninggal pada 11 Januari 2013 di usia yang ke-26 tahun menimbulkan banyak spekulasi dan prasangka dari berbagai kalangan terhadap tragedi gantung diri yang dia lakukan.

Swartz yang memegang teguh prinsip kebebasan mengakses informasi gratis di dunia maya tanpa batasan hukum hak cipta ini, telah banyak menuai kontroversi dan kasus-kasus hukum lainnya.

Seperti apakah kehidupan si jenius Aaron Swartz itu? Berikut ada 10 fakta yang harus kamu ketahui:

1. Swartz pendiri Reddit

Reddit.com merupakan situs berbagi berita populer di Amerika Serikat. Situs ini diciptakan oleh Swartz. Namun, ada pula pihak-pihak yang menyebutkan bahwa Swartz hanyalah wakil pendiri dari situs Reddit itu.

2. Swartz menciptakan RSS 1.0

Saat usianya 14 tahun, Aaron yang cinta pada dunia teknologi, internet, dan pemrograman ini sudah cukup jenius sehingga dia mampu membantu membuat RSS 1.0. Ini merupakan prestasi yang luar biasa yang dihasilkan oleh anak remaja usia 14 tahun. Di saat teman-teman seusianya memilih bermain dan melakukan hal yang tidak berguna, Swartz malah membantu membentuk internet modern.

3. Swartz adalah aktivis internet

Saat pemerintahan Amerika Serikat memperkenalkan hukum terkait dengan pencurian hak cipta di dunia maya, SOPA (Stop Online Piracy Act). Swartz membentuk sebuah organisasi yang dinamainya DemandProgress, untuk memerangi SOPA itu, dan akhirnya dia menang. Dengan membentuk organisasi tersebut, dia mendedikasikan dirinya pada kebebasan informasi.

4. Swartz adalah seorang supertaster

Supertaster adalah seseorang yang memiliki indera perasa dengan intensitas yang lebih besar dibandingkan dengan manusia pada umumnya. Oleh karena itu, Swartz harus berhati-hati dalam menentukan pola makannya dan makanan yang dimakannya. Dia tidak boleh kekurangan vitamin.

5. Swartz mengalami depresi selama bertahun-tahun

Ternyata, pria yang terlihat begitu jenius ini, mengalami depresi berat selama bertahun-tahun, dan dia sudah berulang kali mendiskusikannya bersama beberapa temannya. Tahun 2007, Swartz menulis dalam blognya, yang kurang lebih isinya tentang pernyataan bahwa pasti setiap orang pernah mengalami kesedihan, entah karena orang yang dicintai menyia-nyiakan, rencana yang berantakan, semua yang dilakukan dan diharapkan terasa suram. Itulah perasaan depresi, di mana seseorang merasa tidak lagi berguna, bahkan mengirup udara segar, dan pergi bersama kekasih pun sudah tidak dapat lagi mengubah keadaan menjadi lebih baik. Depresi adalah saat di mana semuanya diwarnai oleh kesedihan.

6. Swartz pernah diperiksa FBI

Badan federal AS, FBI ( Federal Bureau of Investigation) pernah menyelidiki Swartz tahun 2008 lalu, terkait dengan kasus PACER. Itu adalah aksi pembocoran semua dokumen pengadilan federal. Seharusnya, database itu dihargai 10 sen dollar AS setiap halamannya. Karena Swartz sangat menjunjung tinggi keterbukaan, dia membuat program dan mengunduh 20 juta dokumen. Tapi saat diperiksa oleh FBI, tidak ditemukan kesalahan pada dirinya untuk dipenjarakan.

7. Swartz sempat dipenjara 2 tahun

Sebelum tragedi bunuh dirinya, Swartz sudah pernah dipenjara selama 2 tahun. Akibat tuntutan hukum 35 tahun penjara yang menantinya itu, banyak orang menduga Swartz nekat menghabisi nyawanya sendiri karena rasa takut dan depresi menghadapi proses hukum tersebut.

8. Swartz menghadapi dakwaan

Seperti yang sudah heboh di pemberitaan di berbagai situs berita online baik dalam maupun luar negeri, Swartz tersandung masalah pembocoran dokumen, artikel, dan jurnal-jurnal pendidikan dengan menggunakan akses JSTOR dari komputer dan jaringan MIT (Massachusetts Institutet of Technology). Karena kelancangan itu, Swartz dituntut 35 tahun penjara dan denda 1 juta dollar AS (sekitar 9 miliar rupiah). Namun, kabar terakhir menyatakan tuntutannya pun ditambah menjadi 50 tahun penjara dan denda sebesar 4 juta dollar AS (sekitar 38 miliar rupiah). Rasa tidak sanggup menghadapi hukuman tersebut, yang disebut-sebut menjadi penyebab tindakan bunuh dirinya.

9. Swartz bunuh diri

Berita ini tentu sudah tersebar luas di dunia maya. Informasi tentang kematian Aaron Swartz sudah diketahui secara luas. Pada Jumat (11/1/13) malam waktu setempat, Aaron ditemukan tewas tergantung di apartemennya yang terletak di New York, AS. Orang yang pertama kali menemukan jasadnya adalah kekasihnya. Dan berita tentang kematian pria 26 tahun ini sudah dikonfirmasi oleh pamannya. Selain itu, banyak orang yang beranggapan alasan Aaron menghabisi nyawanya sendiri ialah karena depresi yang dirasakannya serta dakwaan pemerintahan federal yang harus dihadapinya, termasuk tuntutan hukum yang sedang dijalaninya sebelum dia tewas.

10. Ungkapan sang ibu

Menyusul berita kematian Aaron Swartz, ibundanya mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa putranya itu merasa depresi menghadapi tuntutan hukum yang akan dihadapinya, tapi tidak ada yang tahu sebenarnya apa yang dia rasakan melewati berbagai macam tekanan dan penderitaan tersebut. Di hidupnya yang terbilang singkat ini, Swartz sudah cukup banyak memberikan kontribusi untuk dunia, khususnya dunia maya, dan ibunya pun percaya, semua orang pasti merindukan sosok Swartz.

Itulah 10 fakta yang harus kamu ketahui tentang Aaron Swartz semasa hidupnya. (yk)

Heavy

Comment di sini