Ada Skenario Tersembunyi di Balik Kasus Indosat-IM2?

by
January 14th, 2013 at 5:15 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Hari ini, Senin, 14 Januari 2013 kasus tuduhan penyalahgunaan frekuensi pada IM2 disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta.

Di lain pihak tuduhan terhadap Indosat dan IM2 ini dinilai sebagian karyawan sebagai bentuk skenario untuk mengkriminalisasi industri telekomunkasi nasional dengan tuduhan korupsi.

Diberitakan oleh Detik.com, pihak Indosat telah mengidentifikasi ancaman yang serius dengan dampak yang sangat luas bagi perkembangan bisnis telekomunikasi di Indonesia.

Menurutnya kasus ini secara tidak langsung juga ingin membatasi kebebasan rakyat Indonesia sebagai pengguna jasa telekomunikasi untuk mengakses dunia maya.

“Kami merasakan ketidaknyamanan akibat tidak adanya kepastian hukum di Indonesia khususnya di dunia telekomunikasi, yang akan sangat mempengaruhi iklim investasi di Indonesia, dan ini akan mengganggu pembangunan ekonomi Indonesia secara keseluruhan,” kata Yoan Hardi selaku Presiden Serikat Pekerja Indosat, Senin, 14 Januari 2013 kepada Detik.com.

Yoan juga mengatakan bahwa pihaknya sangat khawatir akan dampak kasus ini terhadap kehidupan dan kesejahteraan karyawan yang jumlahnya sudah mencapai puluhan juta orang termasuk keluarga mereka.

Yoan dan pihaknya lalu membuat petisi yang berisi:

Kami , Serikat Pekerja Indosat dan IM2,

Pertama, Menghimbau kepada seluruh komponen bangsa Indonesia, bahwasanya telekomunikasi adalah sarana yang menjadi kebutuhan pokok menuju Indonesia yang tumbuh dan berkembang, sehingga diperlukan kesadaran oleh semua pihak bahwa terganggunya dunia telekomunikasi akan berdampak buruk pada kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dalam bidang : Pendidikan, Budaya, Sosial, Ekonomi, Politik, Pertahanan dan Keamanan. 

Kedua, Menghimbau kepada semua pihak yang berpolemik untuk menghentikan segala bentuk pemaksaan kehendak dan arogansi instansi demi kebaikan masyarakat luas, keadilan, kesejahteraan, keamanan, dan kelancaran pembangunan ekonomi Indonesia.

Kasus ini berlanjut ke pengadilan setelah Indosat dan IM2 dijerat oleh Kejaksaan Agung atas tuduhan penyalahgunaan frekuensi 3G di frekuensi 2.1 GHz. Kerjasama antara kedua perusahaan ini menyebabkan kerugian negara triliunan rupiah.

Walau Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring sudah menyatakan mkepada Kejaksaan Agung bahwa Indosat dan IM2 tidak melanggar aturan namun Kejagung tetap melanjutkan kasus ini.

Para tersangka untuk kasus ini sudah ditetapkan dari Dirut IM2 (IA), mantan Dirut Indosat (JSS), serta Indosat dan IM2.

Sementara jika Indosat dan IM2 ditetapkan bersalah maka ISP atau provider internet lainnya juga terkena efek domino karena mereka membuat bentuk kerja sama yang mirp seperti Indosat-IM2.

Jika semua kasus diusut maka akan ada kiamat internet di Indonesia. Inilah yang menyebabkan kiamat internet di Indonesia seperti yang banyak beredar lewat BlackBerry Messenger (BBM) hari ini. (RN)

Comment di sini