Alasan Kejaksaan Tidak Menahan Rasyid Rajasa

by
January 14th, 2013 at 2:58 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kasus kecelakaan yang melibatkan anak Menko Perekonomian Hatta Rajasa menuai banyak kritik. Pasalnya pihak polisi ataupun kejaksaan dinilai tidak berani bertindak tegas terhadap Rasyid, anak Hatta. Hingga saat ini Rasyid pun masih bebas.

Saat ditanya kenapa tidak segera menahan Rasyid, pihak kejaksaan berdalih hal itu tidak diperlukan. Pasalnya, kasus Rasyid Rajasa murni terjadi karena kecelakaan sehingga penahanan anak menteri itu tidak perlu dilakukan.

“Penahanan tidak wajib. Tidak ada unsur kesengajaan,” jelas Wakil Jaksa Agung Darmono, seperti dikutip dari Tempo.co, Senin (14/1/2013). Menurut Darmono, penahanan tidak perlu dilakukan karena Rasyid tidak akan kabur.

Darmono juga membantah bahwa kasus Rasyid diintervensi Hatta Rajasa. Menurutnya, keputusan yang diambil oleh pihak kejaksaan sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Apa yang kami lakukan mengacu pada ketentuan yang ada,” ujarnya.

Mengenai rekonstruksi kejadian insiden BMW maut, lanjut Darmono, tidak perlu dilakukan. Pasalnya dalam kasus Rasyid tersebut tidak ada keterangan atau hal yang meragukan. Menurutnya, kasus tersebut sudah jelas murni karena kecelakaan.

Seperti yang diketahui, pada 1 Januari 2013 lalu, Rasyid mengalami kecelakaan saat melaju di Tol Jagorawi. Mobil BMW X5 yang dikendarai Rasyid menabrak mobil Daihatsu Luxio yang ada di depannya sehingga mengakibatkan dua korban meninggal dunia dan tiga luka-luka.

Sebelumnya Rasyid dikabarkan dijerat dengan beberapa pasal mengenai kelalaian dalam berkendara. Anak Menko Perekonomian Hatta Rajasa itu terancam hukuman 5 tahun penjara. Namun kenyataannya, Rasyid hingga saat ini masih bebas karena mendadak sakit usai diperiksa polisi.

Banyak yang menilai bahwa pihak polisi tidak berani bertindak tegas kepada Rasyid karena dia merupakan anak menteri. Jika dilihat dari kasus Afriyani Susanti dan juga Novie Amalia, polisi memang terlihat lebih lemah saat menangani kasus Rasyid.

(YG)

Comment di sini