CiriCara: Cara Mencegah Terkena Kanker Mulut

by
January 14th, 2013 at 4:12 pm

CiriCara.comKanker mulut merupakan sejenis kanker yang tumbuh di sekitar mulut. Kebanyakan kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut. Kanker mulut bisa menyerang bagian mulut sampai dengan tenggorokan.

Para ahli mengatakan bahwa kanker mulut disebabkan karena  mengonsumsi minuman keras, seks oral, merokok, dan berbagai gaya hidup yang tidak sehat lainnya. Ketahuilah bahwa semua orang berisiko terkena kanker mulut jika tak memiliki gaya hidup yang sehat.

Ada cara mencegah agar terkena kanker mulut. Apa saja? Dilansir dari Besthealth.Bmj.com, inilah cara mencegah terkena kanker mulut:

1. Rajin menggosok gigi dan flossing

Risiko berkembangnya sel kanker pada mulut bisa dikurangi dengan menjaga kesehatan mulut. Kondisi mulut yang tidak sehat bisa mengurangi sistem kekebalan tubuh dan menghambat kemampuan tubuh untuk melawan kanker. Untuk itu, Anda disarankan agar rajin menggosok gigi, minimal 2 hari sekali dan membersihkan gigi dengan benang khusus atau flossing.

2. Hindari merokok

Bukan hanya merusak paru-paru saja, nikotin yang terkandung dalam produk tembakau juga bisa menganggu kesehatan mulut. Nikotin akan membuat kondisi mulut menjadi asam dan tidak sehat sehingga meningkatkan risiko terkena kanker mulut. Untuk itu, berhentilah merokok atau mengunyah produk tembakau lainnya.

3. Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol bisa berisiko terkena kanker mulut. Risiko mengembangkan kanker mulut akan meningkat seiring meningkatnya kuantitas dan lamanya seseorang mengonsumsi minuman beralkohol.

4. Memakai pelembap bibir

Paparan sinar matahari yang berulang bisa meningkatkan risiko kanker pada bibir, terutama bibir bagian bawah. Untuk itu, Anda disarankan agar memakai pelembap bibir yang mengandung tabir surya jika sering beraktivitas di luar rumah.

5. Rajin berolahraga

Gaya hidup yang aktif dan sehat bisa meningkatkan sitem kekebalan tubuh dan membantu mencegah kanker di seluruh tubuh, termasuk kanker mulut. Untuk itu, Anda disarankan agar rajin berolahraga setidaknya satu jam sehari agar tubuh tetap sehat dan dijauhkan dari segala penyakit.

6. Mengonsumsi makanan anti kanker

The American Institute for Cancer Research menyarankan agar lebih banyak mengonsumsi kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran berdaun hijau gelap, biji rami, bawang putih, anggur, teh hijau, kedelai, dan tomat untuk mencegah kanker. Selain itu, diet dan pemenuhan nutrisi juga menjadi metode pencegahan kanker yang tepat.

7. Kurangi mengonsumsi makanan yang digoreng

Makanan di goreng sebenarnya tidak baik untuk kesehatan Anda. Untuk itu, ganti cara pengolahan makanan dengan menggoreng dan memanggang menjadi merebus atau mengukus. Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu lainnya, seperti bawang putih, jahe, dan kunyit untuk menambah rasa. Makanan yang pengolahannya direbus juga sangat enak jika dikonsumsi.

8. Memeriksa gigi

Anda perlu pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk mengetahui keadaan mulut dan gigi. Perawatan gigi memang perlu diterapkan agar gigi tetap bersih dan sehat. Di dokter gigi, Anda juga bisa meminta untuk dilakukan skrining kanker mulut agar bisa mendeteksi kanker sejak dini.

9. Melakukan pemeriksaan sendiri

Kanker mulut juga bisa Anda periksa sendiri di rumah. Caranya yaitu dengan membuka mulut lebar-lebar di depan cermin dan memeriksa seluruh bagian mulut, termasuk bagian belakang dan sisi lidah. Jika terlihat ada bercak merah atau abu-abu, maka segera periksa ke dokter gigi untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

Itulah 9 cara mencegah terkena kanker mulut. Jika bibir memiliki luka atau bisul yang tak kunjung sembuh dan mengeluarkan darah, maka bisa jadi itu adalah petanda awal dari kanker mulut. Luka tersebut bisa berwarna merah, putih atau merah muda. Perlu Anda ketahui bahwa kanker mulut yang diketahui sejak dini bisa sembuh. Untuk itu, Anda harus segera menanyakan pada dokter jika merasakan ada yang mengganjal di dalam atau daerah mulut. (NR)

Comment di sini