CiriCara: Cara Meraih Sukses ala Orang Terkaya di Hong Kong

by
January 14th, 2013 at 3:08 pm

CiriCara.com – Dengan kekayaan yang mencapai U$ 30 miliar, pria bernama Li Ka-shing didaulat menjadi orang terkaya di Hong Kong. Pria kelahiran 1928 ini juga menjadi orang Asia terkaya versi majalah Forbes. Selain itu, dia juga masuk ke jajaran 10 besar orang paling kaya di planet bumi ini, bersama dengan pria kaya lain, seperti Bill Gates dan Warren Buffett.

Pria yang lahir di Chaozhou, China ini memulai hidupnya dari sebuah keluarga sederhana dan dibesarkan tanpa seorang ayah hingga akhirnya menjadi pebisnis dan orang paling dermawan di Asia. Sudah banyak buku yang menceritakan tentang kehidupannya dan bisnisnya. Buku-buku itu banyak memenuhi buku, layaknya buku-buku mengenai Warren Buffet di Amerika Serikat.

Anda ingin bisa sukses seperti Li Ka-shing? Untuk itu, Li Ka-shing memberiikan tips untuk Anda agar bisa meraih kesuksesan seperti dirinya. Dilansir dari Forbes.com, ini dia tipsnya:

1. Merencanakan masa depan

Jika ingin meraih kesuksesan di masa yang akan datang, maka manfaatkanlah waktu untuk merencanakan masa depan. Anda harus berpikir jauh ke depan mengenai kehidupan yang akan datang. Selain itu, hal ini juga perlu diterapkan pada pemimpin agar perusahaan yang dipimpinnya bisa terus berkembang.

2. Menciptakan reputasi yang baik

Li Ka-shing/Forbes.com

Reputasi yang bagus bagi perusahaan dan diri sendiri adalah aset yang sangat berharga yang tidak ternilai walaupun tak tertulis dalam laporan keuangan. Untuk itu, Anda harus menciptakan reputasi yang baik agar bisa menjadi cerminan bagi semua orang ataupun perusahaan lain.

3. Jangan terlalu pesimistis dan optimistis

Jika Anda adalah seorang pemimpin dalam suatu perusahaan, maka jangan terlalu optimistis saat pasar sedang bagus, jangan pula terlalu pesimistis saat pasar sedang buruk. Mengetahui hal itu, Anda harus terus berpikir bagaimana suatu perusahaan bisa terus bertahan dan menjadi lebih baik lagi.

4. Memiliki niat yang kuat

Jika ingin meraih kesuksesan, maka harus memiliki niat yang kuat. Niat harus kuat dan Anda juga harus yakin untuk bisa mencapai kesuksesan itu. Dengan keyakinan, akan timbul motivasi yang lebih besar dari diri sendiri.

5. Memiliki sikap dan kemampuan yang seimbang

Untuk menjadi seorang manajer yang baik, Anda harus memiliki sikap dan kemampuan yang seimbang. Serorang pemimpin harus bisa memberi inspirasi dan motivasi kepada bawahannya. Jangan menjadi seseorang yang mendominasi sehingga membuat bawahannya merasa kecil.

6. Membangun fondasi yang bisa meminimalisir kegagalan

Rumus untuk menjadi sukses itu sulit ditemukan. Untuk itu, Anda harus berhati-hati karena tanda-tanda kegagalan akan tersebar di mana-mana. Membangun sebuah fondasi yang bisa meminamilisir kegagalan sudah terbukti bisa menjadi jalan pintas menuju kesuksesan.

7. Bisa membaca bakat orang lain

Seorang manajer yang sukses adalah bisa membaca bakat orang lain. Bukan hanya bisa memilih orang yang lebih pintar darinya, tapi juga bisa menghindari memilih karyawan yang terlalu bangga akan dirinya melebihi keahlian aslinya.

8. Memiliki seni manajemen yang bagus

Seni manajemen yang bagus terletak dalam kapasitasnya menerima tantangan, serta kemampuannya melebur pemikiran baru dan lama.

Itulah cara meraih kesuksesan ala orang terkaya di Hong Kong. Menjadi sukses adalah impian semua orang. Menjadi sukses bukan hanya untuk membanggakan diri sendiri, tapi juga orang-orang terdekat Anda.

Sekedar info, Li Ka-shing tidak menyelesaikan pendidikannya karena pada usia 12 tahun dia memutuskan untuk keluar dan membantu keluarganya. Sepuluh tahun kemudian, Li memulai bisnisnya sendiri dengan membuat mainan. Dia pun terkenal sebagai pribadi yang dermawan. Kebanyakan donasinya itu untuk sektor pendidikan dan penelitian kesehatan. (NR)

Comment di sini