Diduga Tertekan, Pahlawan Dunia Maya Ini Tewas Gantung Diri

by
January 14th, 2013 at 1:50 pm

CiriCara.com – Di Indonesia, nama Aaron Swartz bagi sebagian pengguna internet mungkin masih asing dibandingkan dengan nama Mark Zuckerberg, si pendiri Facebook.

Pria berumur 26 tahun ini adalah pendiri situs Reddit dan layanan Rich Site Summary (RSS) untuk berlangganan pada suatu situs. Ia ditemukan tewas di apartemennya karena gantung diri pada hari Jumat, 11 Januari 2013.

Di balik kematiannya yang masih kontroversi hingga hari ini, Aaron Swartz dikenal sebagai pria jenius sejak kecil.

Lahir di Chicago, 8 November 1986, Aaron berkembang sebagai seorang programmer, penulis, dan aktivis internet yang telah berkarya sejak belasan tahun.

Yang paling mengagumkan, Aaron muda menjadi salah satu pembuat layanan RSS yang menjadi metode sindikasi konten berbagai situs di internet. Layanan ini sering kita temui di berbagai website di internet.

Ditulis oleh Detik.com, menurut sahabatnya, Aaron adalah seorang pemuda yang cepat dewasa dan mau belajar sehingga akhirnya ia menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengguna internet.

Dikenal sebagai aktivis yang gencar memperjuangkan kebebasan informasi di dunia maya tanpa terikat hak cipta, Aaron bergabung pertama kali dengan organisasi Creative Common yang mempunyai prinsip sama dengannya.

Pada tahun 2005, Aaron membuat situs Reddit di bawah naungan perusahaan Infogami. Dalam waktu cepat Reddit dikenal oleh para pengguna internet sehingga setahun kemudia, Conde Nast membeli Reddit.

Dua tahun kemudian, ketika hak cipta atau copyrights kembali mengancam internet, Aaron tetap berpegang teguh pada pendiriannya bahwa semua informasi bebas diakses.

Dengan prinsip itu, Aaron merilis 20 juta dokumen dari database pengadilan yang kemudian disebut dengan PACER. Ulahnya ini sempat menarik perhatian penegak hukum di Amerika Serikat, namun ia belum bisa dijerat pada saat itu.

Kemudian pada tahun 2011 lalu, Swartz berhasil membobol 4,8 juta jurnal ilmiah dan dokumen penting yang kemudian disebarkan di internet sehingga bisa diakses gratis oleh para pengguna.

Akibatnya sejak saat itu, ia harus berurusan dengan sebuah kampus teknologi ternama di Amerika Serikat, MIT. Aaron didakwa dengan hukuman 35 tahun penjara dan denda sebesar USD 1 juta.

Diduga karena tekanan dari pihak MIT dan Jaksa Federal, Aaron lalu mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Kematian tragis pendiri Reddit dan pencetus RSS ini disayangkan oleh banyak pihak. Dari hari Jumat, 11 Januari 2013 hingga saat ini, beberapa situs media sosial seperti Twitter masih dibanjiri dengan ucapan bela sungkawa untuk Aaron. (RN)

Comment di sini