Foto: Wah! Ada Restoran Robot di China

by
January 14th, 2013 at 1:18 pm

Harbin (CiriCara.com) – Unik! Di kota Harbin, provinsi Heilongjiang, China, ada sebuah restoran yang mempekerjakan robot sebagai pelayan, dan bahkan juru masaknya. Restoran ini diberi nama Robot Restaurant.

Terdengar sedikit tidak masuk akal, tapi Restoran Robot ini memang benar ada. 20 robot dipekerjakan di restoran tersebut, dengan tugas yang berbeda-beda. Ada yang bertugas untuk mengantarkan menu pesanan, adapula yang memasak pangsit, mie, serta menu lainnya, dan ada juga yang bertugas untuk menyambut pelanggan.

Robot yang bertugas untuk menyambut pelanggan diatur untuk berkata “Manusia Bumi, Halo. Selamat datang di Restoran Robot”, setiap kali ada pelanggan yang masuk ke dalam restoran unik tersebut.

Hal yang menakjubkannya lagi, para robot yang bertugas sebagai juru masak di dapur, akan mulai memasak setiap kali para pelanggan yang datang memesan makanan. Kemudian, setelah menu siap disajikan, maka robot pelayan akan mengantarnya ke meja pesanan.

Selain itu, ada pula robot yang bertugas untuk menghibur para pelanggan, yaitu robot yang diatur untuk bernyanyi, selama para pelanggan menyantap menu pesanan mereka.

Robot-robot yang dipekerjakan itu dapat bertahan hingga 5 jam kerja. Lebih dari itu, mereka harus di-charge terlebih dahulu selama 2 jam, baru dapat beroperasi kembali.

Restoran yang baru resmi dibuka pada Juni tahun lalu ini sudah menarik perhatian publik dan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Awalnya, untuk membangun restoran unik ini, Liu Hasheng selaku kepala teknisi mengatakan bahwa para investor memberikan modal 5 juta Yuan (sekitar 7 miliar rupiah). Dana yang diperlukan untuk membuat 1 robot saja menghabiskan 200.000 – 300.000 Yuan (sekitar 300 juta – 460 juta rupiah).

Berikut beberapa foto suasana di Restoran Robot tersebut.

Reuters/Daily Mail

Reuters/Daily Mail

Reuters/Daily Mail

Reuters/Daily Mail

Reuters/Daily Mail

Tentu, rasa masakan dari robot itu mengundang rasa penasaran orang-orang untuk mencicipi menu makanan di Restoran Robot tersebut. Bagaimana dengan kamu? (yk)

Daily Mail

Comment di sini