Mau Kirim Pesan Facebook ke Mark Zuckerberg? Bayar dulu!

by
January 14th, 2013 at 11:34 am

CiriCara.com - Seberapa sering Anda ber-Facebook-an ria? Facebook biasa digunakan untuk mencurahkan perasaan hati, membagikan foto, mengirim pesan, dan yang lainnya.

Namun, pernahkah terpikir oleh Anda untuk dapat berhubungan dengan si pencipta jejaring sosial yang populer tersebut? Sebagian orang pasti penasaran dan ingin berhubungan dengan Mark Zuckerberg, si pencipta Facebook.

Namun, mengirim pesan kepada Mark ternyata tidak semudah ketika mengirim pesan ke kerabat atau teman kita yang lainnya, Untuk dapat mengirim pesan kepada Mark Zuckerberg, Anda harus membayar US$ 100 atau sekitar Rp 960.000. Dengan demikian, pesan yang Anda sampaikan tidak akan dibuang ke folder “other” pada akunnya.

Biaya tersebut memang muncul jika Anda masih belum terdaftar sebagai salah satu teman Mark Zuckerberg yang saat ini jumlahnya mencapai 16 juta orang. Biaya yang telah diberikan oleh Facebook tersebut ternyata tidak jauh beda dengan konsep “pay-to-message” yang berharga US$ 1. Kabarnya, Facebook juga akan menerapkan harga dengan jumlah yang berbeda dari tiap negara dan itu masih dilakukan persiapan dan akan diterapkan tidak lama lagi.

Sistem pay-to-message tersebut diumumkan oleh Facebook pada Desember 2012 lalu dalam bentuk percobaan. Fasilitas itu memberikan kesempatan kepada pengguna agar dapat mengirim pesan kepada pengguna lain meski ia tidak memiliki hubungan pertemanan dengan orang tersebut.

Hasilnya, masih di bulan yang sama, Facebook telah menarik bayaran sebesar US$ 100 dari penggunaan jasa pesan itu. Jika pesan yang dikirimkan kepada orang lain yang tidak memiliki hubungan perteman dengan orang tersebut membutuhkan biaya, apalagi jika Anda mengirim pesan kepada pendiri Facebook tersebut.

Folder “other”  berisi pesan-pesan yang sifatnya tidak penting. Folder tersebut masih menjadi kontroversi karena para pengguna tidak dapat menyadari keberadaan pendiri tersebut. Apalagi, tidak jarang pula folder tersebut menyembunyikan pesan yang isinya ternyata benar-benar penting.

Namun, tahukah Anda mengapa Facebook menerapkan harga setinggi itu untuk dapat berhubungan dengan pendirinya? Juru bicara Facebook menjelaskan bahwa tujuan dari program tersebut adalah untuk melakukan pengujian pada level harga yang ekstrem untuk menyaring spam.

Wah, biasanya kita dapat dengan bebas mengirim pesan melalui Facebook dengan siapapun baik teman, keluarga, kerabat dekat, kerabat jauh, maupun orang lain yang belum kita kenal. Dan semuanya itu tidak memerlukan biaya, namun beda lagi jika kita mengirimkannya kepada pendiri Facebook tersebut. Karena terlalu banyaknya yang mengirim pesan sampai-sampai Facebook memberlakukan biaya tersebut. Apakah Anda juga ingin mengirim pesan kepada Mark Zuckerberg? (CT)

Comment di sini