Suasana Berduka Swartz, Situs MIT Malah Diretas Anonymous

by
January 14th, 2013 at 3:06 pm

CiriCara.comJumat (11/1/13), pahlawan dunia maya, Aaron Swartz tewas gantung diri di apartemennya, yang terletak di kota New York, AS.

Mungkin hanya segelintir warga Indonesia yang menggunakan situs Reddit, sehingga, nama Swartz masih kurang begitu akrab di Indonesia. Ya, pria 26 tahun inilah yang membuat situs Reddit.com, sebuah situs pengumpul berita yang populer di Amerika Serikat.

Selain itu, pria yang mempunyai prinsip bahwa kebebasan informasi tidak harus terkungkung dalam hukum hak cipta ini, menciptakan layanan Rich Site Summary (RSS). RSS adalah metode sindikasi konten berbagai situs internet.

Berangkat dari prinsipnya untuk menyebarkan informasi, dia mulai mencuri data-data untuk berikutnya disebarluaskan di dunia maya. Keberaniannya itu mengundang kasus-kasus kontroversi bagi dirinya sendiri.

Hingga pada July 2011, dia menyebarluaskan seluruh jurnal ilmiah dan mengunduh 4,8 juta artikel, dokumen-dokumen pendidikan penting, bahkan data seluruh perpustakaan melalui akses ilegal ke JSTOR.

Data dari M.I.T, Massachusetts Institute of Technology pun juga terkena imbasnya, sehingga pihak M.I.T menuntut Swartz. Dan pemuda jenius ini harus berhadapan dengan hukuman 35 tahun penjara serta denda 1 juta dollar AS (sekitar 9 miliar rupiah).

Kini, kabar bunuh dirinya menjadi perdebatan berbagai pihak. Pihak keluarga dan rekan-rekannya menyebutkan kalau putusan hukum yang dibuat oleh pejabat pemerintahan merupakan penyebab kematian Swartz, ditambah lagi sistem peradilan pidana yang penuh dengan intimidasi yang melampaui batas kemampuan dirinya.

Namun, masih dalam suasana berduka atas meninggalnya Swartz, hari Minggu malam (13/1/2013) peretas dengan nama Anonymous mulai menunjukkan aksi mereka dengan sebutan #OpAaronSwartz.

Detik

Situs M.I.T menjadi incaran mereka. Serangan DDoS, di mana situs dibanjiri dengan permintaan data sampai situs tersebut hancur karena melebihi kapasitasnya, membuat situs itu tidak dapat diakses, melainkan hanya menampilkan ungkapan bela sungkawa atas kematian Swartz dengan berlatar belakang warna hitam dan tulisan berwarna merah. Hal ini dikarenakan pihak M.I.T lah yang dianggap harus bertanggung jawab atas tragedi bunuh diri aktivis internet itu.

Aksi retas itu diumumkan mereka melalui akun Twitter dengan User ID Anonymous, seperti di bawah ini:

New York Times

Akan tetapi, pada hari Minggu larut malam, situs tersebut sudah kembali online.

Kematian Swartz yang penuh misteri memang mengundang tanya dan kontroversi, tapi simpatik dan rasa bela sungkawa yang sedalam-dalamnya terus berdatangan bagi pria kelahiran Chicago itu.

(yk)

New York Times

Comment di sini