Video: Samsung Perkenalkan Prosesor “8-Core” Irit Baterai

by
January 14th, 2013 at 1:16 pm

CiriCara.com - Apakah Anda seorang yang selalu update dengan perangkat mobile Anda? Jika iya, berapa jumlah inti prosesor yang ingin Anda miliki? Apakah satu inti prosesor, dua, atau empat? Samsung menwarkan delapan inti prosesor terbarunya di Exynos 5 Octa!

Inti prosesor berteknologi baru ini tentunya akan semakin meningkatkan performa gadget. Meskipun memiliki jumlah inti dua kali lipat lebih banyak dari generasi sebelumnya, Exynos 5 Octa dijanjikan tidak akan memboroskan baterai smartphone yang Anda miliki.

Exynos 5 Octa akan tetap hemat daya, namun lebih ampuh dalam bekerja.

Padahal dengan delapan inti kebanyakan orang pasti menyangka daya tahan baterai akan menurun. Ternyata rahasianya adalah Exynos 5 Octa memiliki empat buah inti yang kinerjanya tinggi dan empat inti lainnya menggunakan dasar arsitektur Cortex A7 yang dipilih dengan tujuan untuk efisiensi daya.

Dengan demikian, proses kinerja gadget yang memiliki prosesor Exynos 5 Octa tidak akan memakan daya terlalu banyak. Konsep tersebut ternyata sudah pernah diterapkan sebelumnya melalui Exynos 5 Dual yang terdapat pada tablet Google Nexus 10.

Konfigurasi dari penerapan konsep tersebut dinamakan “big LITTLE” yang diperkenalkan oleh ARM. Dengan konfigurasi tersebut, beban kerja dari Exynos 5 Octa akan terbagi secara dinamis sesuai dengan jumlah pada beban sistem. Misalnya dalam hal menjalankan game maupun aplikasi yang cukup berat, core A15 yang akan menangani aplikasi tersebut. Sedangkan, core A7 mengambil alih dalam urusan yang cukup ringan seperti mengakses internet dan yang lainnya.

Exynos 5 Octa akan diproduksi dengan proses fabrikasi 28 nm yang nantinya akan menghasilkan penggunaan daya lebih hemat daripada yang terdapat pada Exnos 5 Dual dengan proses fabrikasi 32nm tersebut.

Samsung juga mengklaim bahwa kinerja prosesor ini akan dua kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan prosesor sebelumnya meski dalam hal pasangan pemroses grafis (GPU) Samsung tak menginformasikannya lebih jauh. Jika sebelumnya Samsung hanya dapat mencakup Exynos 4, kali ini Exynos 5 Octa akan menggunakan GPU Mali-T604 seperti yang terdapat pada Exynos 5 Dual.

Di bawah ini adalah video ketika Samsung memperkenalkan teknologi Exynos 5 Octa di CES 2013:

(CT)

Comment di sini