Banjir Sebabkan Macet Parah di Jakarta

by
January 15th, 2013 at 11:49 am

Jakarta (CiriCara.com) – Hujan deras yang mengguyur rata Jakarta sejak semalam mengakibatkan ruas  jalanan Ibukota tergenang banjir. Dampak dari banjir inilah yang menyebabkan kemacetan parah di berbagai sudut Ibukota.

Diberitakan oleh Detik.com, kemacetan terjadi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, dengan genangan air setinggi 30 cm. Akibatnya kendaraan yang melewati jalur ini terhambat.

VIVAnews

Menurut akun Twitter TMC Polda Metro Jaya pada Selasa, 15 Januari 2013, banjir di Cempaka Putih terjadi dari pintu tol sehingga lalu lintas dari fly over tersendat.

Sedangkan di Jakarta Selatan, banjir terjadi di daerah Gandaria dan Pondok Labu. Ketinggian air di tempat ini sekitar 40 cm dan membuat kemacetan parah. Namun saat berita ini diturunkan, banjir di underpass Gandaria City sudah surut sehingga kendaraan sudah bisa melintas walau kondisi masih padat merayap.

Sementara banjir yang mengepung kota Jakarta ini membuat jalan tol yang menghubungkan Jakarta dengan provinsi lain seperti Jakarta dan Banten juga macet. Pengendara dihimbau waspada saat berada di jalan karena kemacetan diprediksikan akan terjadi di Tol Jagorawi, Tol Cikampek, dan Tol Kebun Jeruk.

Hingga saat ini, akibat hujan yang terus mengguyur, debit bendungan Katulampa diperkirakan naik sehingga daerah-daerah di sekitar aliran sungai Ciliwung diperkirakan akan terkena banjir.

“Pukul 07.30 WIB tinggi muka air di Bendung Katulampa mencapai 210 cm, artinya debit sungai Ciliwung Hulu sudah posisi Siaga I atau tingkat siaga tertinggi,” jelas Sutopo, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Selasa, 15 Januari 2013 .(RN)

Comment di sini