CiriCara: Cara Mudah Menelan Obat

by
January 15th, 2013 at 11:12 am

CiriCara.com – Bukan hanya anak kecil saja yang sulit menelan obat berupa kapsul atau pil. Tapi, saat ini beberapa orang dewasa juga memiliki masalah yang sama seperti anak kecil saat ingin menelan obat. Dengan bantuan segelas air, obat tak kunjung tertelan. Pernahkah Anda merasakan hal tersebut?

Jangan khawatir karena masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan agar obat itu bisa tertelan. Dilansir Female.Kompas.com, Dr David Williams, pakar natural healing dan ahli kiropraktik dari Texas Chiropratic College mengatakan bahwa Anda harus mengikuti trik berikut ini agar obat itu bisa tertelan. Inilah 7 trik yang bisa Anda terapkan saat meminum obat:

1. Membasahi tenggorokan atau kerongkongan dahulu

Seringkali obat tersangkut di kerongkongan. Meskipun Anda sudah menambah minum, namun obat tetap saja tak tertelan. Hal tersebut kemungkinan terjadi karena tenggorokan atau kerongkongan Anda kering. Untuk itu, minumlah beberapa teguk air dahulu sebelum Anda menelan obat. Ketahuilah bahwa mulut yang kering membuat Anda kesulitan untuk menelan obat.

2. Meletakkan pil di tengah lidah

Anda bisa meletakkan pil memanjang di lidah (jika obatnya berbentuk oval). Setelah itu, minum air untuk mendorong pil masuk ke dalam tenggorokan sambil mendongakkan kepala ke belakang. Cara lain, tahan air di dlam mulut sebelum Anda memasukkan pil.

3. Menggunakan air minum dalam botol

Jika pangkal tenggorokan Anda tergolong sensitif, maka bisa mengakalinya dengan meminum air dari botol. Tempelkan bibir pada botol dan minum airnya dengan cara mengisap sehingga memicu gerakan menela. Cara lain yaitu menggunakan sedotan untuk menelan berikut obatnya.

4. Menggunakan pisang

Mungkin bagi orang yang kesulitan menelan obat akan menyiasatinya dengan menggunakan pisang. Pisang memiliki tekstur yang lunak untuk mengantarkan pil sampai ke lambung. Anda bisa mengunyah pisang hingga agak lembut, lalu masukkan obat ke mulut dan telan bersama makanan tersebut.

5. Menumbuk obat

Menumbuk obat juga merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan oleh beberapa orang saat kesulitan menelan obatnya. Obat yang berbentuk tablet itu bisa Anda jadikan puyer dengan cara menumbuknya. Obat berupa puyer atau yang ditumbuk itu akan terasa lebih pahit. Namun, perlu diingat juga bahwa kapsul yang berisi cairan tentu tidak bisa diperlakukan sama. Selain itu, suplemen probiotik juga tidak bisa ditumbuk karena bisa merusak bakteri yanga ada di dalamnya.

6. Obat dibelah menjadi dua bagian

Pil yang ukurannya lebih kecil biasanya lebih mudah ditelan. Tapi, bagaimana jika obat itu memiliki ukuran yang besar dan sulit untuk ditelan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membelah obat menjadi 2 bagian dan menelannya satu per satu.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan jika kesulitan untuk menelan obat. Jika tak bisa juga melakukan cara tersebut, maka Anda bisa meminta dokter untuk memberikan resep obat dalam bentuk lain.(NR)

Comment di sini