Debit Air Katulampa Meningkat, Jakarta Waspada Banjir

by
January 15th, 2013 at 9:49 am

Jakarta (CiriCara.com) – Warga DKI Jakarta diminta untuk waspada akan bencana banjir yang diprediksikan bakal terjadi sore nanti. Hal ini dipicu akibat debit air di Bendung Katulampa, Bogor, yang semakin meninggi bahkan sudah memasuki level siaga I.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menuturkan bahwa ketinggian air di Bendung Katulampa sudah mencapai 210 cm. Sedangkan batasan Siaga I adalah lebih dari 200 cm.

“Pukul 07.30 WIB tinggi muka air di Bendung Katulampa mencapai 210 cm, artinya debit sungai Ciliwung Hulu sudah posisi Siaga I atau tingkat siaga tertinggi,” jelas Sutopo, dalam siaran persnya, Selasa (15/1/2013).

Sutopo memprediksikan banjir akan mulai melanda wilayah DKI Jakarta sekitar pukul 18.00-19.00 WIB. Menurutnya, banjir kali ini akan lebih tinggi dibanding banjir pada Desember 2012 lalu. “Banjir akan menggenangi wilayah sekitar Sungai Ciliwung,” ujarnya.

Berikut daftar daerah yang berpotensi terkena banjir tersebut, seperti dikutip dari detik.com:

1. Jakarta Pusat:
- Kelurahan Cikini
- Kelurahan Petamburan
- Kelurahan Cideng

2. Jakarta Timur:
- Kelurahan Cililitan
- Kelurahan Cawang
- Kelurahan Bidara Cina
- Kelurahan Kampung Melayu

3. Jakarta Selatan:
- Kelurahan Rawajati
- Kelurahan Kalibata
- Kelurahan Pengadegan
- Kelurahan Kebon Baru
- Kelurahan Bukit Duri

4. Jakarta Barat:
- Kelurahan Duri Kosambi
- Kelurahan Rawa Buaya
- Kelurahan Kedoya Utara
- Kelurahan Cengkareng

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, lanjut Sutopo, sudah meminta agar para Walikota dan Kepala SKPD di DKI Jakarta untuk lebih waspada dalam memantau dan merespon daerah yang berpotensi banjir. Bagi Anda yang tinggal di lokasi tersebut harap bersiaga karena banjir kemungkinan datang di sore hari.

(YG)

Comment di sini